Resep Membuat Sate Kambing Khas Tegal yang Lezat dan Berselera

Sajian makanan yang dibuat dari bahan utama daging memang memiliki jenis dan ragam yang begitu kaya.

Selain itu, rasa yang nikmat dan begitu lezat menjadikan makanan ini terus saja mengalami inovasi. Sehingga tidak heran jika banyak terlahir sajian makanan dari daging.

Nah, salah satu sajian makanan dari daging kambing yang memiliki cita rasa yang lezat dan begitu nikmat adalah sajian sate khas Tegal.  Sate daging yan dipadu dengan bumbu kecap dengan rempah yang lezat ini memiliki cita rasa yang begitu nikmat. Nah, bagi anda yang penasaran ingin membuat sendiri sajian sate kambing khas Tegal yang lezat dan berselera. Kali ini kami bagikan resep membuatnya. Seperti apa sih resepnya? Yuk, kita simak berikut ini.

resep sate kambing tegal

Nama Resep

Resep Membuat Sate Kambing Khas Tegal yang Lezat dan Berselera

4.7 99

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sate Kambing Khas Tegal yang Lezat dan Berselera

Bahan Utama Sate Kambing Khas Tegal:

  • 500 gr daging kambing potong dadu (termasuk lemak)
  • Kecap manis
  • Margarin

Bahan Pencelup Untuk Sate Daging Kambing:

  • 50 gram buah nanas (parut halus)
  • 2 sdm Kecap Bango
  • 100 gr kacang tanah(goreng dan haluskan)

Bumbu Kecap Untuk Sate Daging:

  • 10 cabe rawit merah
  • 5 sdm Kecap manis
  • 2 buah tomat merah, potong kasar
  • 10 bawang merah, iris halus

Cara Membuat Sate Kambing Khas Tegal yang Lezat dan Berselera

Cara Membuat Sate Daging Kambing Khas Tegal:

  1. Pertama-tama anda bisa memulai langkah pada resep kali ini dnegan terlebih dahulu memotong-motong dengan bentuk dadu daging kambing yang sudah disiapkan. Kemudian sebaiknya potong daging kambing dengan ukuran lebih tipis, sehingga ketika daging dibakar matangnya menjadi lebih cepat dan lebih mudah matang secara merata.
  2. Setelah selesai, seperti biasa cuci terlebih dahulu daging kambing dengan menggunakan air bersih hingga kotoran yang ada pada dagng bisa dihilangkan dengan seksama.
  3. Angkat daging dari cucian, tiriskan airnya dan campurkan semua bahan bumbu pencelup kedalam daging kambing, aduk-aduk merata dan diamakan daging dalam pencelup selama kurang lebih 20 menit.
  4. Sekarang, ambil tusukan sate dan tusuk-tusukan potongan sate boleh diselingi dengan lemak daging dan tusuk dengan rapih.
  5. Sekarang jika semua sate sudah ditusuk, celupkan sate pada parutan nanas dan lumuri dengan bumbu kacang secara merata keseluruhan.
  6. Ambil daging dan siapkan panggangan, kemudian paggang daging dalam panggangan hingga matang, jangan lupa balikan dan berikan olesan kecap manis dengan margarin untuk membuat rasanya lebih nikmat dan sedap.

Cara Membuat Bumbu Kecap:

  1. Siapkan ulekan dan cobek, masukkan cabe rawit kedalamnya dan tumbuk cabe rawit dengan tekstur kasar.
  2. Masukkan kecap manis kedalam ulekan bersama dengan bawang merah dan tomat. Ulek-ulek hingga tercampur semua bahannya.
  3. Setelah tercampur merata, masukkan bumbu kecap ini dalam mangkuk kecil.

Dan sajikan dengan sate kambing yang sudah matang dari pembakaran. Sajian ini akan terasa lebih lezat disantap dengan sepiring nasi putih, apalagi ketika masih panas rasanya akan semakin lengkap.

Demikian resep membuat sajian sate kambing khas Tegal yang enak dan sedap. Semoga resep yang kami bagikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda dan dapat dipraktikan dirumah dengan mudah. Sampai jumpa di resep berikutnya dan ikuti terus update resep dari kami ya.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda tentang resep yang kami bagikan kali ini dikolom komentar dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons