Resep Membuat Sate Daging Sapi Bumbu Rujak yang Enak dan Sedap

Sate daging memang menjadi salah satu hidangan olahan makanan dari daging yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Di tanah air sendiri, hidangan sate memiliki ragam yang cukup banyak, diantaranya ada sate Madura, sate lamongan dan sate dengan berbagai varian bumbu yang sedap.

Nah, salah satunya kali ini kami akan memperkenalkan hidangan sate dengan bumbu istimewa yakni bumbu rujak. Paduan bumbu dengan dominasi rasa manis yang begitu sedap akan memberikan aroma dan rasa yang lebi berbeda pada sate daging yang dibakar. Aromanya pun akan tercium lebih nikmat dan menggoda.

Nah, agar anda bisa menghidangkan sendiri sajian ini dirumah, kali ini kali akan berbagi resep dan cara membuatnya. Inilah dia resep membuat sate daging sapi bumbu rujak yang enak dan sedap.

resep sate bumbu rujak

Nama Resep

Resep Membuat Sate Daging Sapi Bumbu Rujak yang Enak dan Sedap

Review

4.8 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sate Daging Sapi Bumbu Rujak yang Enak dan Sedap

Bahan Utama Membuat Sate Daging Bumbu Rujak:

  • 1/2 kg daging sapi has dalam
  • 50 gr madu
  • Tusuk sate

Bahan dan Bumbu Sate Daging Bumbu Rujak:

  • 5 buah cabai merah besar
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • lada bubuk secukupnya
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah bawang merah
  • 5 buah kemiri
  • 75 gr gula pasir
  • 100 gr margarin
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Sate Daging Sapi Bumbu Rujak yang Enak dan Sedap

Cara Mengolah Daging Sapi Sebelum Dimasak:

  1. Langkah pertama yang bisa dilakukan pada resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu memotong-motong daging sapi yang sudah dipersiapkan dengan bentuk kotak atau dadu ukuran kecil. Ada baiknya jika anda menghindari memotong daging dengan bentuk yang terlalu besar agar ketika sate dibakar nanti, tekstur daging bisa lebih matang dengan mudah secara merata.
  2. Setelah daging dipotong-potong, silahkan tusuk-tusuk daging dengan menggunakan garpu agar bumbu bisa meresap pada daging ketika dilumuri nantinya.
  3. Tempatkan daging dalam wadah dan sisihkan sementara kita akan buat bumbu satenya.

Cara Membuat Sate Daging Sapi Bumbu Rujak:

  1. Langkah selanjutnya untuk membuat sate bumbu rujak adalah dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih dan kemiri dengan menggunakan mesin penghalus atau mengguankan cobek dan ulekan.
  2. Selanjutnya, lumuri daging yang disisihkan tadi dengan menggunakan margarin dan gula pasir, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap kedalam daging.
  3. Tambahkan dengan bumbu halus, lada bubuk dan garam, kemudian lumuri kedalam daging dan diamkan kembali selama kurang lebih 2 jam agar bumbu bisa meresap kedalam daging secara keseluruhan.
  4. Setelah kurang lebih didiamkan selama 2 jam, ambil daging dna tusuk-tusuk daging dengan menggunakan tusukan sate.
  5. Kemudian bakar sate diatas bara api sambil sesekali diolesi dengan madu sewaktu dibakar dan bakar hingga sate matang secara merata. Jangan lupa dibolak-balik agar semua bagian sate matang secara keseluruhan.

Jika sate sudah matang, sajkan dalam piring saji dan berikan dengan bahan pelengkap seperti acar mentimun. Sajian ini akan lebih sedap dan lebih mantap jika dinikmati dengan sepiring nasi hangat putih yang pulen. Disantap sendiri apalagi beramai-ramai dengan anggota keluarga akan terasa lebih mantap dan lebih sedap. Demikian resep membuat sajian sate daging sapi bumbu rujak. Semoga resep kali ini bisa bermanfaat untuk anda.

Jangan lupa share resep spesial ini dan berikan pula komentar anda tentang resep yang kami bagikan kali ini.

Loading...

Resep Daging Trending

resep semur daging Resep Daging Sapi Special
Resep Soto Daging Resep Soto Daging Sapi Bening Enak dan Spesial
 Resep Rendang Daging  Aneka Resep Rendang Sapi Mudah dan Lezat
 Resep Semur Daging Resep Semur Daging Sapi Pedas nan Spesial
 Resep Bola-Bola Daging Resep Bola-Bola Daging Cincang Mudah dan Praktis