Resep Membuat Rendang Khas Sunda Sajian Sedap yang Enak

Sajian makanan yang dibuat dari bahan utama daging sapi memang memiliki cita rasa lezat yang begitu nikmat.

Di tanah air sendiri ada begitu banyak ragam dan variasi hidangan dari daging sapi, salah satunya adalah sajian rendang daging.

Sajian makanan ini adalah hidangan istimewa yang dibuat dengan cara memasak dan membumbui daging dengan rempah dan santan yang kemudian dimasak hingga bumbu meresap pada daging. Nah, bagi anda yang penasaran ingin tahu seperti apa cara membuat rendang daging khas sunda, kita simak resep berikut ini.

resep rendang sunda

Nama Resep

Resep Membuat Rendang Khas Sunda Sajian Sedap yang Enak

4.9 213

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Rendang Khas Sunda Sajian Sedap yang Enak

Bahan Utama yang Diperlukan Untuk Membuat Rendang Sunda:

  • 1 kg daging sapi (bagian sengkel)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 buah sereh (geprek)
  • 2 cm laos (geprek)
  • 2 lembar daun jeruk
  • sejumput ketumbar bubuk
  • sejumput kunyit bubuk
  • garam dan gula secukupnya
  • 1 liter santan

Bumbu Rendang Khas Sunda yang Dihaluskan:

  • 10 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 buah bawang bombay
  • 5 siung bawang putih

Cara Membuat Rendang Khas Sunda Sajian Sedap yang Enak

Cara Mengolah Daging Untuk Rendang:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan mengolah daging bagian sengkel sebelum kita berikan bumbu dan kita masak menjadi rendang. Silahkan potong-potong daging sengkel sesuai dengan selera dengan bentuk persegi kotak.
  2. Setelah daging dipotong-potong merata sesuai dengan selera. Cuci bersih daging dengan air yang mengalir dan pastikan jika kotoran yang ada pada daging sengkel bisa dibersihkan secara keseluruhan.
  3. Setelah dicuci, tiriskan dan goreng setengah matang daging sengkel yang sudah dipotong dengan menggunakan minyak panas yang ditempatkan pada wajan. Hal ini bertujuan agar ketika daging dimasak tidak menjadi hancur.
  4. Selesai digoreng, angkat dan tiriskan minyaknya hingga minyak pada daging tidak menetes dan berceceran.

Cara Memasak Rendang Khas Sunda:

  1. Setelah daging dimasak setengah matang, silahkan haluskan semua bumbu yang tercantum pada daftar bumbu yang dihaluskan dan pastikan jika anda menghaluskannya dengan merata.
  2. Siapkan wajan, tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, sereh dan daun jeruk hingga tecium bau harum dan bahan serta rempah yang dimasukan menjadi lebih layu secara merata.
  3. Setelah tumisan harum, masukkan daging kedalam tumisan. Aduk-aduk hingga merata dan lanjutkan mengaduk hingga daging menjadi berubah warna secara merata.
  4. Setelah daging yang dimasukkan dalam tumisan menjadi berubah warna secara merata. Tuangkan air kedalamnya dan masukkan santan. Masukkan pula sisa bahan yang belum dimasukan. Masak dan rebus hingga santan dan kuah daging menjadi menyusut. Dan pastikan pula jika santan yang dimasak tidak menjadi pecah, untuk itu pastikan jika anda terus mengaduk-aduknya hingga santan mendidih dan selama proses memasak.
  5. Masak hingga daging menjadi empuk dan santan mengering selama kurang lebih 2 jam.

Setelah dua jam dan daging beserta santan sudah mengering. Itu artinya masakan rendang khas Sunda kita sudah selesai. Anda bisa mengangkat rebusan dari api dan mematikan kompor. Ambil piring saji dan hidangkan lezatnya rendang khas Sunda ini ditengah keluarga anda dengan penuh cinta. Disajikan dengan nasi hangat atau disantap sendiri saja akan terasa lezat dan istimewa. Demikian resep dan cara membuat rendang khas Sunda yang enak dan lezat.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda tentang resep kali ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons