Resep Membuat Oseng Tempe Petai yang Enak dan Pedas

Resep Membuat Oseng Tempe Petai yang Enak dan Pedas

Sajikan dan nikmati enaknya hidangan oseng tempe petai yang sedap dan lezat. Berpadu bersama dengan potongan cumi asin yang enak membuat sajian ini akan sangat sempurna bila dicampurkan bersama dengan sepiring nasi. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword Oseng Tempe, oseng tempe petai
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 12 menit
Total Waktu 22 menit
Porsi 8 Orang
Kalori 203 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 400 gram tempe
  • 3 buah cumi asin
  • 15 mata petai
  • 2 lembar daun salam
  • 3/4 sendok teh garam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 200 ml air
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 2 buah cabai merah besar, iris serong
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 buah cabai merah
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Oseng Tempe Petai yang Enak dan Pedas:

  1. Langkah pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini sebenarnya cukup mudah. Langkah persiapan menjadi hal penting yang harus anda dahulukan karena langkah ini berisikan beberapa cara mengolah bahan yang ada pada resep. Dengan menyimak langkah kali ini maka tentu anda akan lebih mudah membuat hidangan kali ini.

  2. Adapun persiapan pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah pisau, wadah dan sebuah tatakan. Kemudian potong-potong tempe dengan ukuran yang lebih kecil berbentuk kubus. 

  3. Bila sudah selesai masukkan dalam wadah dan siapkan sebuah wajan lalu masukkan minyak secukupnya. Nyalakan api sedang pada kompor dan panaskan minyak didalamnya dengan merata.

  4. Setelah panas, baru masukkan potongan tempe dan goreng sajian ini sampai berkulit dan agak kekuningan. Angkat tempe yang sudah matang dengan menggunakan serokkan lalu sisihkan dalam wadah sebelum sajian ini dicampurkan dengan sajian lainnya.

  5. Untuk petai anda akan dapat membelah petai menjadi 2 bagian. Lalu masukkan dalam wadah dan cuci dengan bersih bahan ini agar kotoran dan kuman dapat dibersihkan dengan merata. Baru setelah itu, sisihkan sajian ini.

  6. Sementara untuk cumi asin sajian ini akan dapat anda potong-potong dengan ukuran yang lebih kecil. Masukkan cumi asin dalam wadah dan tuangkan air panas kedalamnya. Lalu rendam sajian ini selama kurang lebih 10 menit agar kandungan garamnya lebih pudar. 

Cara Membuat Oseng Tempe Petai yang Enak dan Pedas:

  1. Selesai dengan persiapan diatas maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan memanaskan minyak dalam sebuah wajan. Lalu nyalakan api sedang dan panaskan sajian ini dengan merata. 

  2. Setelah panas kemudian masukkan bumbu halus dan tuangkan rempah lain seperti daun salam, lengkuas dan juga cabai merah. Aduk-aduk dan tumis sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. 

  3. Tuangkan potongan petai kedalamnya dan tumis sebentar lalu masukkan potongan cumi asin kedalamnya. Aduk-aduk sampai tercium bau harum dan petai menjadi lebih layu.

  4. Masukkan potongan tempe yang sudah digoreng sebelumnya lalu aduk-aduk agar sajian ini tercampur bersama dengan bahan lainnya dengan merata. 

  5. Tambahkan bumbu seperti garam, gula pasir dan tuangkan air. Lalu aduk dengan merata agar bumbu meresap dan larut dengan air. Masak sajian ini diatas api sedang sampai bumbu meresap kedalamnya dengan merata.

Catatan Resep

Nah, setelah sajian ini matang dengan merata maka tentu anda akan dapat menuangkannya dalam sebuah piring saji. Tambahkan taburan bawang goreng dan cabai untuk memberikan rasa yang lebih sedap pada sajian kali ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons