Resep Membuat Oseng Tempe Kreasi Rebon yang Enak dan Harum

Resep Membuat Oseng Tempe Kreasi Rebon yang Enak dan Harum

Bingung menentukan makan siang atau makan malam dengan menu apa? Sajian oseng tempe kreasi rebon kali ini bisa menjadi inspirasi menu yang akan bisa ibu buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Selain enak, sajian yang satu ini pun cukup praktis karena cara pembuatannya yang cukup sederhana.

Nah, agar anda tidak lagi penasaran seperti apa saja pembuatan dari sajian kali ini maka mari simak informasinya dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword Oseng Tempe, oseng tempe rebon
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 8 Orang
Kalori 203 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 400 gram tempe
  • 2 sendok makan rebon
  • 150 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 1 buah daun salam
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 3 buah cabai merah besar

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Oseng Tempe Kreasi Rebon yang Enak dan Harum:

  1. Kita awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu memotong tempe dan mempersiapkan bahan utama dari resep kali ini. Siapkan terlebih dahulu sebuah tatakan, pisau dan sebuah wadah untuk menampung tempe. Potong-potong tempe dengan bentuk kubus kira-kira seukuran 2x2 cm. Lalu masukkan dalam sebuah wadah dan sisihkan sementara sebelum dicampur dengan bahan lainnya.

  2. Nyalakan api dalam sebuah kompor, lalu siapkan sebuah wajan diatasnya. Panaskan wajan dengan merata dan masukkan minyak goreng kedalamnya kemudian tunggu sampai minyak menjadi lebih panas merata.

  3. Masukkan potongan tempe kedalamnya dan goreng sajian ini dengan merata sebentar saja asal tempe lebih berkulit dan merata. Angkat sajian ini dengan menggunakan serokkan lalu sisihkan sajian ini dengan merata.

  4. Baru setelah itu, anda akan dapat melanjutkan dengan menyiapkan rebon. Caranya siapkan sebuah wadah dengan ukuran yang sedang lalu kemudian tuangkan rebon kedalamnya dan tuangkan air hangat. 

  5. Seduh sementara rebon agar kadar garam yang terkandung didalamnya tidak terlalu besar. Sehingga ketika dicampurkan bersama dengan tempe rasa asinnya tidak akan terlalu kentara. Kemudian sisihkan. 

Cara Membuat Oseng Tempe Kreasi Rebon yang Enak dan Harum:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini, silahkan siapkan sebuah wajan anda boleh menggunakan wajan bekas menggoreng tempe. Hanya saja, kali ini gunakan minyak goreng sedikit saja sebab kita akan menumis dan tidak membutuhkan minyak terlalu banyak.

  2. Panaskan minyak didalam wajan sampai matang merata. Gunakan api yang sedang baru kemudian tuangkan bumbu halus kedalamnya dan masukkan pula daun salam bersama dengan lengkuas. Lalu aduk-aduk dan tumis sampai harum dan tercium bau yang enak dari masakan kali ini. 

  3. Setelah selesai kemudian masukkan tempe kedalamnya bersama dengan rebon dan aduk-aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur. 

  4. Masukkan kecap manis dan aduk kembali semua sajian ini hingga tempe berubah menjadi lebih kecoklatan dan merata. Tuangkan pula bumbu seperti garam dan merica bubuk dan aduk kembali dengan merata.

  5. Masukkan air kedalamnya untuk melarutkan semua bumbu dan masak sajian ini sampai bumbu meresap kedalam tempe dan bahan lainnya dengan merata. 

Catatan Resep

Nah, setelah matang silahkan matikan kompor dan angkat sajian ini untuk kemudian hidangkan dalam sebuah wadah dan nikmati hidangan ini ketika masih hangat dan enak.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons