Resep Membuat Mendol Goreng Tempe Aroma Ketumbar Khas Jawa Timur

 

Resep Membuat Mendol Goreng Tempe Aroma Ketumbar Khas Jawa Timur

Mendol tempe memang nikmat, apalagi dengan kreasi aroma ketumbar didalamnya akan semakin menjadikan hidangan ini lebih istimewa. Nah, bagi anda yang penasaran ingin tahu seperti apa resep dari sajian mendol tempe aroma ketumbar khas Jawa Timur maka mari simak informasi menariknya dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword mendol tempe ketumbar, resep tempe
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 20
Kalori 204 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tempe, kukus, haluskan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 600 ml minyak untuk menggoreng
  • 2 lembar daun jeruk buang tulangnya, iris halus

Bumbu Halus:

  • 2 cm kencur, haluskan
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 3 butir bawang merah, haluskan
  • 2 buah cabai merah keriting, haluskan

Bahan Pencelup:

  • 200 ml air
  • 100 gram tepung bumbu serbaguna
  • 2 tangkai daun ketumbar, iris halus

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Mendol Goreng Tempe Aroma Ketumbar Khas Jawa Timur:

  1. Persiapan yang akan dapat dilakukan untuk membuat hidangan kali ini sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah pisau, wadah dan sebuah tatakan. Ambil tempe yang sudah dipersiapkan kemudian potong-potong tempe dengan ukuran yang lebih kecil. 

  2. Masukkan bahan ini kedalam wadah kemudian hancurkan tempe menjadi serpihan yang agak kasar. Anda bisa menghancurkan bahan ini dengan menggunakan ulekan atau dihancurkan dengan menggunakan garpu. 

  3. Bila tempe sudah hancur dan merata. Maka silahkan iris beberapa bahan campuran yang memang harus diiris dengan merata. Masukkan dalam wadah yang terpisah dan sisihkan terlebih dahulu bahan ini dengan merata. 

  4. Lalu kemudian anda akan dapat menghaluskan bahan-bahan yang perlu dihaluskan dengan merata. Jangan dulu dicampurkan kedalam tempe setelah selesai menghaluskan anda hanya perlu menyisihkan sajian ini dengan merata. 

  5. Sementara itu, untuk bahan pencelup sajian ini hanya perlu anda campurkan dalam wadah yang sama. Lalu aduk-aduk dengan merata dan sisihkan. Bahan ini akan dapat kita jadikan sebagai bahan celupan untuk mendol kali ini. 

Cara Membuat Mendol Goreng Tempe Aroma Ketumbar Khas Jawa Timur:

  1. Selesai dengan langkah persiapan maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mengambil tempe yang sudah dihancurkan didalam wadah. Lalu kemudian campurkan kedalamnya bahan irisan seperti daun jeruk. Lalu aduk dengan merata sampai tercampur.

  2. Setelah itu, silahkan bumbui sajian ini dengan menggunakan merica bubuk dan bumbu halus dengan merata. Aduk-aduk dengan menggunakan sendok dan pastikan jika semua bahan ini tercampur secara merata.

  3. Lalu setelah itu, ambil sedikit adonan kemudian bentuk menjadi pipih yang lonjong. Kemudian simpan diatas wadah dengan beralaskan plastika agar nantinya bahan ini tidak lengket.

  4. Setelah itu, kemudian silahkan panaskan wajan dengan menggunakan api yang sedang. Lalu masukkan minyak goreng kedalamnya dan panaskan dengan merata. 

  5. Sebelum sajian ini digoreng terlebih dahulu silahkan masukkan dalam bahan pencelup dengan merata. Lalu setelah itu, tuangkan segera kedalam minyak yang sudah panas dan goreng sajian ini sampai matang. 

  6. Jangan lupa untuk membulak-balik sajian ini agar matang dengan merata. Setelah matang silahkan angkat dengan menggunakan serokkan dan sisihkan sementara agar minyaknya lebih meniris. 

Catatan Resep

Nah, setelah matang maka tentu saja sajian mendol tempe aroma ketumbar ini akan dapat anda sajikan dan nikmati ketika masih hangat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons