Resep Membuat Masakan Ikan Ekor Kuning Sambal Dabu dabu Pedas Yang Mudah dan Sederhana

Masakan khas akan pedasnya yaitu dimasak dengan sambal dabu dabu dengan bahan dasar ikan ekor kuning.

Ikan menjadi salah satu hidangan yang sangat favorit dan banyak disukai oleh banyak orang. Tidak jarang hamper di setiap menu makanan harian ikan selalu tersaji karena menjadi salah satu kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan gizi di setiap keluarga. Ikan yang kaya akan kandungan inilah yang menjadi alasan mengapa ikan banyak dikonsumi. Kandungan pada ikan seperti yang kita ketahu mengandung protein yang sangat tinggi yang mampu mencerdaskan otak sang anak, dan juga untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Ikan yang akan kami bahas kali ini adalah ikan air laut berupa ikan ekor kuning. Ikan ekor kuning merupakan ikan yang banyak tersebar di seluruh nusantara, sehingga banyak yang mengkonsumsinya karena memang memiliki dagingnya yang empuk dan juga gurih. Ikan ekor kuing bisa anda jumpai di pasar tradisional ataupun di supermarket. Ikan ekor kuing ini juga salah satu ikan yang memang memiliki nilai jual yang sangat mahal, karena tidak heran apabila ikan ekor kuning ini memiliki dagingnya yang empuk dan enak. Bagi anda yang ingin mencoba masakan pedas sambal dabu dabu, berikut ini kami hadirkan Resep Membuat Masakan Ikan Ekor Kuning Sambal Dabu dabu Pedas Yang Mudah dan Sederhana, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

resep ikan ekor kuning dabu-dabu

Nama Resep

Resep Membuat Masakan Ikan Ekor Kuning Sambal Dabu dabu Pedas Yang Mudah dan Sederhana

4.7 210

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Ekor Kuning Sambal Dabu dabu Pedas Yang Mudah dan Sederhana

Bahan dan Bumbu

  • 500 gram ikan ekor kuning segar
  • 5 buah bawang merah
  • 2 buang bawang putih
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 6 buah cabai rawit hijau
  • 1 buah tomat merah sedang
  • 3 buah jeruk nipis
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Masakan Ikan Ekor Kuning Sambal Dabu dabu Pedas Yang Mudah dan Sederhana

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah cuci ikan ekor kuning terlebih dahulu, kemudian bersihkan sisiknya serta buang bagian isi perutnya, setelah itu lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan juga garam secukupnya, diamkan sekitar 15 menit.
  2. Kemudian siapkan minyak goreng lalu panaskan, setelah panas masukan ikan, masak hingga matang. Angkat dan tiriskan lalu simpan di piring saji
  3. Setelah itu siapkan bahan berupa bawang merah diiris tipis, lalu bawang putih diiris tipis, cabai rawit merah dan hijau, diiris-iris, lalu tomat kemudian simpan pada mangkuk
  4. Setelah itu siapkan minyak goreng secukupnya, kemudian minyak yang sudah panas diangkat dan siramkan pada bumbu yang dimangkuk tadi, diamkan.
  5. Setelah itu masukan garam kemudian jeruk nipis diiris pada mangkuk, aduk hingga merata.
  6. Sajikan ikan ekor kuning bersama dengan bumbunya.

Itulah dia Resep Membuat Masakan Ikan Ekor Kuning Sambal Dabu dabu Pedas Yang Mudah dan Sederhana yang bisa anda coba buat dirumah. Bahan yang mudah ditemukan serta cara pengolahan yang sangat praktis tentunya tidaklah sulit apabila membuatnya dirumah sebagai jamuan makan keluarga anda. Sajikan ikan ekor kuing sambal dabu dabu ini bersama dengan nasi putih dan juga lalapan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk membagikan Resep Membuat Masakan Ikan Ekor Kuning Sambal Dabu dabu Pedas Yang Mudah dan Sederhana kepada semua teman anda dimanapun berada, dan juga jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons