Resep Membuat Masakan Ikan Belanak Sambal Tekokak Pedas

Pernahkah anda mencoba sambal tekokak? Khas akan pedasnya kemudian mampu dipadukan menjadi sebuah masakan dengan bahan ikan.

Ikan memang salah satu jenis masakan yang banyak sekali jenis dan ragamnya, karena itu tidak heran banyak sekali yang menyukai masakan ikan. Selain rasanya yang enak dan gurih daging ikan ini diyakini banyak sekali manfaat yang bisa di dapat untuk kesehatan tubuh. Banyak kandungan ikan ini yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti kandungan protein yakni baik untuk pertumbuhan serta perkembangan sang anak dan juga untuk menceerdaskan otak. Adapun kandungan lainnya seperti kandungan omega 3, kandungan vitamin, kalsium, kalium dll. Kandungan yang tadi di sebutkan ada pada ikan laut ataupun ikan tawar, hanya saja banyak penelitian yang mengungkan bawha mengkonsumsi ikan laut lebih baik karena kandungan gizinya lebih tinggi. Namun demikian ikan tawar juga sangat baik, seperti ikan tawes, ikan gurame, ikan patin, ikan mas dll.

Namun pernahkah anda mencoba membuat masakan ikan belanak? Ikan belanak adalah ikan yang hidupnya di perairan payau dan bentuknya juga hampir mirip dengan ikan bandeng, dan hidupnya pun bergerombol dan salah satu ikan yang menjadi pavorit bagi para nelayan untuk menangkapnya karena terbilang mudah. Baiklah, namun bagaimana jadinya rasa dari ikan belanak ini apabila dipadukan dengan sambl tekokak yang pedas. Yuk kita intip bagaimana resep dan cara membuatnya dibawah ini.

resep ikan belanak sambal tekokak

Nama Resep

Resep Membuat Masakan Ikan Belanak Sambal Tekokak Pedas

4.9 263

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Belanak Sambal Tekokak Pedas

Bahan Utama

  • 4 ekor ikan belanak segar
  • 2 buah jeruk nipis
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Sambal Tekokak

  • 50 gram tekokak
  • 8 buah cabai rawit, direbus
  • 6 buah cabai merah keriting,direbus
  • 3 buah bawang merah
  • 1 buah tomat merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 cm terasi, bakar
  • 1/2 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Ikan Belanak Sambal Tekokak Pedas

Cara memasak

  1. Ikan belanak di bersihkan, buang sisik serta bagian isi dalam perutnya serta insangnya, setelah itu cuci hingga bersih. lalu lumuri dengan perasan air jeruk nipis, aduk rata dan diamkan sekitar 15 menit.
  2. Selanjutnya wajan disiapkan kemudian beri minyak goreng, panaskan menggunakan api sedang, setelah panas masukan ikan goreng hingga matang dan kering. Angkat dan sisihkan.
  3. Kemudian membuat sambal tekokak, dengan cara menyiapkan ulekan kemudian haluskan cabai rawit, lalu cabai merah, bawang merah, kemudian tomat, lalu gula pasir dan juga terasi dan garam.
  4. Selanjutnya panaskan minyak goreng sekitar 2 sendok makan, lalu tumis bahan bumbu yang dihaluskan, aduk-aduk hingga harum.
  5. Setelah itu masukan ikan belanak yang digoreng, aduk-aduk. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Membuat Masakan Ikan Belanak Sambal Tekokak Pedas yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Tentunya masakan ikan belanak sambal tekokak ini sangat cocok bagi anda yang menggemari masakan yang pedas. Ikan belanak sambal tekkak ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat kemudian ditambah dengan beberapa lalapan yang sesuai dengan selera makan keluarga anda. Dengan mengetahui resep dan cara membuat ikan belanak sambal tekokak ini tentunya bertambah pula koleksi menu makan harian anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa juga untuk membagikan Resep Membuat Masakan Ikan Belanak Sambal Tekokak Pedas pada teman dan juga keluarga tercinta anda, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons