Resep Membuat Ikan Jambal Roti Tumis Kangkung yang Enak, Sedap dan Spesial

Sajian ikan jambal roti tumis kangkung adalah hidangan tumisan sederhana yang bisa dibuat dirumah.

Selain nikmat, hidangan ini tentunya akan cepat untuk dibuat. Tidak perlu hitungan jam untuk menunggu hidangan ini jadi, dalam 20 sampai setengah jam sajian ini akan bisa langsung anda nikmati. Untuk itu, yuk kita simak resep membuat ikan jambal roti tumis kangkung berikut ini.

ikan jambal roti tumis kangkung

Nama Resep

Resep Membuat Ikan Jambal Roti Tumis Kangkung yang Enak, Sedap dan Spesial

4.9 187

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Jambal Roti Tumis Kangkung yang Enak, Sedap dan Spesial

Bahan dan Bumbu Ikan:

  • 100 gram ikan jambal
  • 3 iket kangkung siangi cuci bersih
  • 1 sdm saos tiram
  • 10 cabe rawit iris serong
  • 4 siung bawang putih geprek halus
  • 7 siung bawang merah iris tipis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt terasi goreng (opsional)
  • garam dan gula secukupnya
  • 1/2 tomat merah besar iris serong

Cara Membuat Ikan Jambal Roti Tumis Kangkung yang Enak, Sedap dan Spesial

Tips Bagaimana Memilih Ikan Asin Jambal Kualitas Super:

  1. Sebelum memasak sajian kali ini, kami akan bagikan terlebih dahulu tips bagaimana memilih ikan jambal dengan kualitas yang baik. Hal ini penting sekali karena kualitas dari ikan akan juga mempengaruhi rasa dari sajian yang akan kita buat kali ini. Untuk itu, penting sekali bagi anda memilih ikan jambal dengan kualitas yang baik. Adapun cara yang pertama yang bisa dilakukan untuk memilih ikan jambal adalah pilihlah daging ikan yang tebal. Daging dengan kualitas ini tentunya lebih baik dan akan membuat rasa dari masakan kali ini lebih lezat dibandingkan anda menggunakan ikan jambal yang tipis.
  2. Cara yang selanjutnya adalah usahakan memilih ikan yang dagingnya terlihat masih segar. Maksudnya disini adalah pilihlah ikan asin jambal yang tidak pucat, berwarna kehijauan apalagi berbau busuk. Kualitas ikan seperti ini bisa jadi ikan sudah lama dan tidak layak untuk dikonsumsi.
  3. Selanjutnya adalah hindari ikan jambal yang mengandung pengawet berbahaya yang mana hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan anda.
  4. Setelah anda mendapatkan ikan jambal seusai dengan harapan, silahkan cuci bersih ikan dengan menggunakan air sampai kotoran pada ikan bisa dibuang merata.
  5. Kemudian, potong-potong ikan jambal dengan bentuk persegi kecil-kecil. Atau anda juga bisa menyesuaikan potongannya sesuai dengan selera anda dan keluarga.
  6. Nah, setelah itu, rendam ikan asin jambal dalam wadah dengan menggunakan air hangat. Hal ini difungsikan untuk menghilangkan kelebihan garam pada ikan yang dikhawatirkan rasa asin dari daging ikan akan mendominasi masakan yang akan kita buat kali ini.

Cara Membuat Ikan Jambal Roti Tumis Kangkung:

  1. Siapkan wajan terlebih dahulu dan berikan minyak goreng kedalamnya. Tunggu hingga minyak dalam wajan panas secara merata.
  2. Setelah minyak panas, goreng ikan asin jambal kedalamnya hingga ikan kering dan matang secara merata. Jika sudah matang, angkat ikan dan sajikan ikan dalam piring, sisihkan sementara.
  3. Kemduian, panaksan kembali wajan dan berikan sedikit minyak, lalu tumis bawang putih bersama dengan bawang merah dan cabai hingga harum .
  4. Setelah itu, masukkan kangkung yang sudha disiangi dan dicuci bersih kedalamnya. Aduk-aduk secara merata dan masukkan ikan asin, kecap asin, tiram dan yang terakhir dimasukan adalah tomat bersama dengan bumbu gula dan garam. Aduk-aduk dan tumsi hingga agak layu.
  5. Cicipi rasanya hingga pas. Jika anda merasa rasa tumisan kali ini belum pas, anda bisa menambahkan lebih banyak bumbu.

Angkat dan sajikan dalam piring saji untuk kemudian disantap bersama dengan keluarga.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons