Resep Membuat Ikan Jambal Asam Manis yang Enak, Lezat dan Spesial

Sajikan lezatnya ika jambal asam manis dirumah anda.

Hidangan ini benar-benar nikmat dan lezat, apalagi dipadu dengan bumbu asam mnis yang dibuat dari rempah khas yang begitu sedap. Sudah pasti, selera makan anda akan semakin meningkat. Yuk, simak resep membuat ikan jambal asam manis berikut ini.

ikan jambal roti asam manis

Nama Resep

Resep Membuat Ikan Jambal Asam Manis yang Enak, Lezat dan Spesial

4.7 198

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Jambal Asam Manis yang Enak, Lezat dan Spesial

Bahan dan Bumbu Ikan:

  • Ikan Asin jambal 200 gram
  • Petai 2 lempeng
  • 1 lembar daun salma
  • 1 batang serai
  • 1 lembar daun jeruk
  • Cabai Hijau 5 biji, potong
  • Gula Pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Jeruk Limau 2 biji

Bahan dan Bumbu yang Dihaluskan:

  • Bawang Merah 3 siung
  • Cabai merah 5 biji
  • Bawang Putih 3 siung
  • 1 sdm air asam jawa
  • Tomat 2 butir
  • Gula merah secukupnya

Cara Membuat Ikan Jambal Asam Manis yang Enak, Lezat dan Spesial

Tips Memilih Ikan Jambal dengan Kualitas yang Baik:

  1. Untuk yang pertama, kita akan berikan tips bagaimana memilih ikan jambal dengan kualitas yang baik. Hal ini dikarenakan saat ini banyak penjual ikan jambal yang menjual dagangannya dengan banyak kecurangan yang mana salah satunya ikan jambal dicampur dengan pengawet yang berbahaya untuk kesehatan. Nah, untuk itulah, penting sekali mengetahui bagaimana memilih ikan jambal kualitas super agar tidak terkecoh dengan kualitas lainnya. Pilihlah ikan jambal dengan daging yang tebal, karena daging ikan yang kualitasnya super akan juga mempengaruhi kelezatan dari masakan yang akan kita buat kali ini. Untuk itu, jangan terkecoh dengan harga yang murah dengan kualitas abal-abal.
  2. Selanjutnya adalah pilihlah daging ikan yang masih terlihat segar, maksudnya disini adalah hindari memilih daging ikan yang berwarna kehijauan, tumbuh jamur dalam daging atau bahkan daging ikan jambal berbau menyengat.
  3. Kemudian, poin terpenting dalam memilih ikan jambal adalah jangan memilih ikan jambal yang mengandung pengawet berbahaya, seperti formalin. Tahukah anda, kandungan bahan pengawet yang berbahaya yang masuk kedalam tubuh akan membahayakan kesehatan anda. Efek yang dirasakan tentunya tidak langsug anda alami namun akan bereaksi dalam jangka panjang.
  4. Nah, setelah anda mendapatkan ikan jambal yang kualitasnya baik, sekarang silahkan cuci terlebih dahulu ikan jambal dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran pada ikan secara merata.
  5. Potong-potong ikan dengan menggunakan pisau sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Hanya saja, jangan memotongnya terlalu kecil, agar ikan tidak hancur sata dimasak.
  6. Setelah itu, rendam ikan asin dalam air hangat pada wadah dan diamkan sementara agar kelebihan garam pada ikan bisa dihilangkan.

Cara Membuat Ikan Asin Jambal Asam Manis:

  1. Pertama, kita goreng terlebih dahulu ikn asin jambal pada wajan yang telah diberikan minyak dan dipanaskan.
  2. Silahkan goreng ikan asin hingga setengah matang dan angkat, lalu sisihkan terlebih dahulu sebelum kita masak bumbu dan sajian lainnya.
  3. Panaskan kembali wajna diatas kompor dan berikan sedikit minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga bumbu ini tercium harum.
  4. Masukkan daun salam, serai dan daun jeruk. Aduk-aduk dan tumis bumbu ini hingga layu dan harum.
  5. Masukkan ikan asin yang sudah digoreng bersama dengan petai. Aduk-aduk merata sampai bumbu meresap dan masukan garam dan gula merah. Aduk-aduk merata dan tuangkan air sedikit, lalu masak sampai mengental dan bumbu meresap.

Sajikan hidangan ini untuk keluarga dirumah dan selamat menikmati.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons