Resep Membuat Gulai Tempe Daun Singkong yang Berempah

Resep Membuat Gulai Tempe Daun Singkong yang Berempah

Sajian gulai tempe daun singkong adalah menu hidangan pelengkap yang akan tentu bisa anda sajikan di rumah dengan mudah dan sederhana. Sajian yang satu ini cukup nikmat dan mudah untuk dibuat sehingga untuk anda yang masih dalam tahapan belajar memasak maka tentu hidangan yang satu ini akan bisa anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa saja resepnya? Mari simak langsung informasi menariknya dibawah ini hanya untuk anda. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword gulai tempe daun singkong, resep tempe
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 25 menit
Porsi 6 Orang
Kalori 201 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tempe
  • 4 1/2 sendok teh garam
  • 1.000 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 sendok teh gula merah, disisir
  • 1 ikat daun singkong
  • 4 butir cengkih
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 2 sendok makan bawang goreng untuk pelengkap

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 8 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri, disangrai

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Gulai Tempe Daun Singkong yang Berempah :

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukanya dengan cukup mudah. Langkah persiapan berisikan beberapa cara mengolah sajian yang ada pada resep. Maka dari itu, mari simak beberapa langkah persiapan dibawah ini. 

  2. Persiapan pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan mengolah tempenya. Silahkan siapkan terlebih dahulu sebuah pisau dan sebuah tatakan. Lalu kemudian potong tempe dengan ukuran 3x3 cm.

  3. Masukkan tempe kedalam sebuah wadah dan sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. 

  4. Selesai dengan tempe, bahan selanjutnya yang akan dapat anda persiapkan adalah daun singkong. Bahan ini akan dapat anda olah dengan cara memetiki daun singkong dan pisahkan dari tangkainya.

  5. Setelah selesai silahkan cuci bersih daun singkong dengan menggunakan air bersih dengan merata. Kemudian setelah itu silahkan potong-potong daun singkong dengan ukuran kira-kira 4 cm. 

  6.  Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya secara merata.

Cara Membuat Gulai Tempe Daun Singkong yang Berempah :

  1. Untuk membuat hidangan kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan siapkan sebuah panci lalu kemudian masukkan santan kedalamnya dan campurkan santan bersama dengan bumbu halus dan cengkih. Aduk-aduk dan rebus sajian ini sampai harum dan merata. 

  2. Baru kemudian anda akan dapat menuangkan tempe kedalamnya bersama dengan daun singkong secara merata. Aduk-aduk sajian ini sampai merata hingga tercampur. 

  3. Bubuhi sajian ini dengan menggunakan garam dan merica bubuk dan gula merah. Aduk-aduk kembali semua sajian ini dengan merata hingga tercampur secara merata. 

  4. Masak sajian ini hingga merata dan matang. Cicipi pula bumbunya bila anda merasa bumbu kuras pas maka anda akan dapat menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya dengan merata. 

Catatan Resep

Nah, setelah matang maka tentu sajian ini akan dapat anda angkat dan matikan kompor. Hidangkan dalam sebuah mangkuk saji untuk kemudian taburi bagian atasnya dengan bawang goreng untuk memberikan rasa yang lebih enak.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons