Resep Membuat Garang Asem Daging Sapi yang Enak, Sedap dan Mantap

Hidangan nusantara memang memiliki daftar yang begitu kaya dan begitu beragam.

Salah satu hidangan yang memiliki cita rasayang sedap adalah hidangan yang berasal dari bahan dasar daging, baik daging sapi, daging ayam maupun daging kambing. Nah, salah satu hidangan dari daging sapi yang memiliki cita rasa lezat, beraksen segar dan nikmat adalah sajian garang asem daging.

Sajian ini tentunya akan cocok jika dijadikan sebagai menu santapan makan siang. Pasalnya, rasa lezat dari daging yang berkolaborasi dengan sensasi asam yang menyegarkan akan mampu membuat anda tergoda. Nah, berikut ini ada resep membuatnya agar bisa dipraktikan dirumah dengan mudah. Seperti apa resep membuat garam asem daging sapi yang enak, sedap dan mantap? Kita simak berikut ini.

resep garang asem daging

Nama Resep

Resep Membuat Garang Asem Daging Sapi yang Enak, Sedap dan Mantap

4.8 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Garang Asem Daging Sapi yang Enak, Sedap dan Mantap

Bahan Utama Garang Asem Daging Sapi:

  • 350 gram daging tetelan
  • 1 batang serai, diiris halus
  • 8 buah belimbing sayur, dipotong-potong
  • 8 buah cabai rawit hijau
  • 6 tomat hijau, dipotong-potong
  • 4 lembar daun salam, disobek-sobek
  • 2 cm lengkuas, diiris
  • daun pisang untuk membungkus

Bumbu yang Dihaluskan Untuk Garang Asem Daging Sapi:

  • 2 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh garam
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • 1/4 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Garang Asem Daging Sapi yang Enak, Sedap dan Mantap

Cara Mengolah Daging Tetelan:

  1. Pertama-tama hal yang bisa anda lakukan untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu memotong-motong daging tetelan sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Hanya saja, jangan potong tetelan terlalu kecil, atau anda akan berakhir dengan daging yang hancur saat dimasak dan dikukus.
  2. Setelah selesai dipotong sesuai ukuran yang diinginkan, silahkan cuci bersih tetelan dengan air yang mengalir hingga kotoran yang ada didalamnya bisa dibersihkan dengan baik.
  3. Sehabis dibersihkan, sisihkan sementara dan tempatkan dalam mangkuk atau wadah. Masukkan tomat, serai, lengkuas, belimbing sayur dan bumbu halus. Aduk-aduk merata, pastikan jika semua bagian daging terlumuri dengan bumbu halus dan rempah yang baru saja digabungkan dengan tetelan.
  4. Diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap kedalam tetelan dan menghasilkan rasa yang lebih nikmat dan lebih sedap.
  5. Ambil 2 lembar daun, tematkan dalam tempat yang datar. Masukkan campuran tetelan dengan bumbu diatasnya.
  6. Letakkan potongan daun salam dan cabai rawit untuk menambah selera. Dan bungkus dengan rapi berikan sematan lidi di masing-masing ujung daun agar tetelan tidak berserakan.

Cara Mengkukus Garang Asem Daging:

  1. Siapkan dandang kukusan, berikan air secukupnya, letakan diatam kompor dan nyalakan api dengan api sedang.
  2. Masukkan tetelan yang telah dibungkus dengan daun kedalamnya. Akan lebih baik jika anda tidak menumpuk tetelan diatas tetelan lain.
  3. Silahkan kukus selama kurang lebih 90 menit atau hingga tetelan matang merata.

Setelah matang, angkat dari kukusan dan tempatkan pada piring. Jika anda ingin segera menikmatinya selagi panas dan baru keluar dari kukusan, maka silahkan ambil dan buka sematan lidi. Selain itu, hidangan ini akan terasa lebih lezat disajikan selagi panas. Karena lemak yang ada pada tetelan masih lunak dan tidak mengeras. Sajikan dengan nasi hangat aka terasa lebih lezat. Demikian resep membuat garang asem daging, semoga bermanfaat.

Silahkan bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons