Resep Membuat Dendeng Lambok Lado Hijau yang Sedap Asli Sumatera Barat

Sajian dendeng lambok lado hijau merupakan salah satu sajian hidangan makanan lezat dari Sumatera Barat.

Sajian ini selain menggoda karena penampilan dan aromanya yang nikmat, juga memiliki cita rasa lezat dan sensasi pedas yang menyegarkan dari sambal lado hijaunya.

Nah, agar anda tak lagi penasaran bagaimana resep membuatnya. Kali ini kami bagikan resep membuat dendeng lambok lado hijau untuk anda.

resep dendeng batokok lado hijau

Nama Resep

Resep Membuat Dendeng Lambok Lado Hijau yang Sedap Asli Sumatera Barat

4.8 87

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dendeng Lambok Lado Hijau yang Sedap Asli Sumatra Barat

Bahan Utama Membuat Dendeng Lambok:

  • 500 gr daging sapi has luar
  • 1 sendok makan garam
  • 2 sendok makan asem jawa
  • Air secukupnya untuk merebus

Bahan dan Bumbu Membuat Sambal Lado Hijau:

  • 15 bh cabe hijau
  • 2 bh asem kandis
  • 2 lbr daun jeruk
  • 8 bh bawang merah
  • 1 bh jeruk nipis

Cara Membuat Dendeng Lambok Lado Hijau yang Sedap Asli Sumatra Barat

Cara Membuat Dendeng Lambok:

  1. Langkah pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan memotong-motong daging yang sudah disiapkan dengan ukuran tipis memanjang. Hindari memotong daging dengan ukuran terlalu tebal atau telalu besar, hal ini akan membuat daging yang dimasak menjadi sulit matang secara merata, selain itu bumbu yang dibuat pun sulit meresap kedalam daging secara merata.
  2. Selesai memotong-motong daging, ambil wadah berukuran sedang dan masukkan daging kedalamnya.
  3. Setelah itu, ambil daging ke tempat cucian dan cuci bersih daging hingga kotoran yang ada pada daging bisa dibersihkan dengan keseluruhan.
  4. Angkat daging dari cucian dan sisihkan sementara. Siapkan panci dan berikan air, tunggu hingga air dalam panci mendidih, baru masukkan daging yang sudah dicuci kedalamnya dan rebus bersama dengan asam jawa dan garam. Rebus selama kurang lebih 20-25 menit hingga daging menjadi lebih empuk secara merata.
  5. Setelah daging selesai direbus, ambil daging dari air rebusannya dan tempatkan pada wadah lain.
  6. Selesai direbus, masukkan kembali pada rebusan dan rebus kembali daging selama kurang lebih 1 jam dan biarkan hingga bumbu bisa meresap kedalamnya secara merata.
  7. Ambil daging dari rebusan, dinginkan sementara dan pukul-pukul daging hingga melebar atau yang dalam bahasa Padang di tokok.
  8. Selesai dipukul-pukul, sekarang siapkan minyak dalam wajan, tunggu hingga panas dan goreng daging yang sudah ditokok hingga menjadi berwarna lebih kehitamans secara merata. Hanya saja, pastikan jika daging yang anda goreng tidak hangus.
  9. Selesai digoreng, angkat dan tiriskan minyaknya hingga minyak pada daging surut secara merata. Kemudian sisihkan sementara.

Cara Membuat Sambal Lado Hijau:

  1. Untuk membuat sambal lado hijau pertama silahkan iris cabe hijau yang telah dipersiapkan, iris juga bersama dengan bawang merah hingga halus secara merata.
  2. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis asam kandis dengan daun jeruk bersama dengan potongan bawang dan cabai. Tumis-tumis hingga tercium bau harum yang sedap dan wangi.
  3. Angkat tumisan dan saring minyaknya kemduian campurkan garam dan perasan jeruk nipips dan aduk-aduk hingga tercampur merata.

Setelah sambai lado hijau matang dari tumisan, silahkan ambil dendeng yang sudah dibuat tadi dan sajikan bersama dengan siraman sambal lado hijau ini dibagian atasnya. Sajian ini akan terasa lebih nikmat dan lebih lezat apabila disajikan selagi hangat dan disantap dengan nasi hangat yang sedap.

Demikian resep membuat dendeng lambok lado hijau yang lezat dan nikmat, semoga resep ini bermanfaat dan bisa dipraktikan dirumah.

Jangan lupa share resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons