Resep Membuat dan Cara Memasak Ikan Mas Goreng Tepung yang Kering dan Renyah

Bingung menghidangkan sajian lezat untuk keluarga dirumah?

Nah, daripada anda menyajikan sajian makan yang itu-itu saja, tidak ada salahnya, jika anda mencoba sajian kali ini. Inilah dia ikan mas goreng tepung dengan tekstur yang kering dna renyah yang begitu nikmat. Yuk, simak resep berikut ini agar ibu bisa menyajikan ikan mas greng tepung yang kering dan renyah.  

resep ikan mas goreng tepung

Nama Resep

Resep Membuat dan Cara Memasak Ikan Mas Goreng Tepung yang Kering dan Renyah

4.8 154

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Mas Goreng Tepung yang Kering dan Renyah

Bahan Utama Membuat Ikan Mas Goreng Tepung:

  • 300 gram ikan mas
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh air jeruk lemon
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Pencelup Ikan Goreng Tepung:

  • 1 sendok teh cabai bubuk
  • 250 ml air es
  • 1/4 sendok teh garam
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok makan tepung sagu
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk

Bahan Pelapis Ikan Goreng Tepung:

  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 150 gram tepung terigu
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Memasak Ikan Mas Goreng Tepung yang Kering dan Renyah

Cara Mengolah Ikan Mas Sebelum Dimasak:

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah pada kesempatan kali ini adalah dengan terlebih dahulu membersihkan ikan mas sebelum kita masak dan kita olah dengan bumbu pencelup.
  2. Masukkan ikan mas yang sudah dibeli kedalam wadah dan cuci bersih dengan menggunakan air yang mengalir agar kotoran yang menempel pada ikan bisa dibersihkan dengan baik.
  3. Bersihkan pula sisik ikan da insangnya dengan menggunakan tangan, sementara untuk sisik ikan anda bisa menggunakan sendok atau pisau untuk membersihkan sisiknya.
  4. Selesai dibersihkan insang dan sisiknya, sekarang keluarkan isi perut ikan dan bersihkan bagian dalam perutnya dengan menggunakan air hingga benar-benar bersih.
  5. Setelah selesai dicuci, sekarang angkat ikan dari cucian dan tiriskan air cuciannya. Lalu silahkan fillet ikan mas atau ambil bagian dagingnya saja.
  6. Lalu potong memanjang dan berikan perasan air jeruk nipis pada fillet ikan secara merata dan berikan pula taburan garam lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit biarkan bumbu ini meresap kedalamnya.

Cara Memasak Ikan Mas Goreng Tepung:

  1. Setelah didiamkan, sekarang ambil ikan dan campurkan terlebih dahulu bahan pencelup pada wadah dengan bagian permukaan yang datar, pastikan semua bumbu tercampur merata secara keseluruhan.
  2. Sekarang, celupkan ikan fillet kedalam bahan pencelup secara merata, lalu gulingkan diatas bahan pelapis. Ulangi langkah yang sama sebanyak dua kali.
  3. Setelah dicelup dan diberikan bahan pelapis, sekarang silahkan goreng ikan dalam minyak yang panas hingga matang dan kering renyah. Jika anda menginginkan tekstur ikan yang lebih renyah dan krispi, maka kuncinya terletak pada jumlah minyak yang anda gunakan, semakin minyak merendami ikan ketika digoreng maka teksturnya akan semakin krispi.

Nah, jika sudah matang secara merata, sekarang angkat ikan dari penggorengan dan sajikan kedalam mangkuk atau piring saji. Anda bisa menghidangkan sajian ini bersama dengan saus sambal yang lezat dan dihidangkan selagi masih hangat akan membuat rasanya lebih lezat.

Demikian resep dan cara membuat sajian ikan mas goreng tepung yang lezat dan nikmat, resep ini diharapkan mampu ibu buat dirumah dengan mudah.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons