Resep Membuat dan Cara Memasak Ikan Gabus Goreng Bumbu Rica-Rica Pedas yang Gurih dan Asli Enak

Nikmatnya sajian ikan gabus goreng bumbu rica-rica, akan cocok dijadikan menu santap siang kali ini.

Betapa tidak, hidangan ikan yang dipadu dengan bumbu lezat dengan dominasi rasa pedas yang menyegarkan ini akan membuat selera makan semakin tergugah. Untuk itu, kita langsung simak saja resepnya dibawah ini yuk.

ikan gabus goreng rica rica

Nama Resep

Resep Membuat dan Cara Memasak Ikan Gabus Goreng Bumbu Rica-Rica Pedas yang Gurih dan Asli Enak

4.6 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Gabus Goreng Bumbu Rica-Rica Pedas yang Gurih dan Asli Enak

Bahan dan Bumbu Ikan Gabus:

  • 2 ekor ikan gabus segar
  • 1 sdt ketumbar
  • Garam secukupnya
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 2 ruas jari jahe
  • minyak untuk menggoreng

Bahan dan Bumbu Sambal Rica-Rica:

  • 5 buah cabai merah
  • 10 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 buah tomat

Cara Memasak Ikan Gabus Goreng Bumbu Rica-Rica Pedas yang Gurih dan Asli Enak

Cara Membersihkan Ikan Gabus Segar Sebelum Dimasak:

  1. Cara pertama kita akan awali dengan membersihkan ikan gabus yang sudah dibeli dari pasar dengan membawanya ke tempat cucian untuk kemudian akan kita bersihkan bagian lendir yang ada dibagian tubuh ikan. Nah, bagi anda yang masih kebingungan sewaktu membersihkan bagian lendir ini, anda bisa menggunakan abu gosok. Lalu lumurkan abu gosok ini pada tubuh ikan secara merata sampai ikan menjadi lebih kesat. Nah, setelah itu, cuci kembali ikan dengan air bersih hingga merata.
  2. Kemudian bersihka pula bagian perut ikan dengan mengeluarkan bagian jeroan ikan. Caranya, belah perut ikan dengan menggunakan pisau dan keluarkan jeroan ikan dengan menggunakan tangan hingga bersih secara merata.
  3. Setelah itu, buang juga moncong yang ada pada ikan dengan menggunakan pisau dan bersihkan secara merata.
  4. Setelah itu, kerat bagian perut ikan dengan pisau dikedua bagian agar bumbu bisa meresap pada ikan secara merata.
  5. Selanjutnya, lumuri ikan dengan perasan air jeruk nipis dan garam agar bumbu meresap kedalam ikan dan bekerja menghilangkan bau amis secara merata. Setelah itu, sisihkan sementara.

Cara Membuat Ikan Gabus Goreng Bumbu Rica-Rica:

  1. Haluskan terlebih dahulu bumbu untuk menggoreng ikan dengan menggunakan ulekan hingga halus secara merata.
  2. Lalu lumuri ikan kembali dengan bumbu halus secara merata dan diamkan selama kurang lebih 40 menit agar bumbu ini meresap kedalam ikan dengan sempurna.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng ikan gabus hingga berwarna kuning keemasan serta bagian pinggirnya menjadi kering dan krispi. Setelah itu angkat ikan dan sisihkan sementara.
  4. Cara Membuat sambal rica-rica bisa dilakukan dengan mengiris semua bahan dan satukan bahan tersebut dalam wadah, kemudian tambahkan 1 sdm miyak goreng dan aduk merata.
  5. Panaksnya wajan dan masukkan bumbu yang telah diberikan minyak tasi, lalu aduk-aduk merata sambil diberikan garam dan bumbu lain seperti penyedap dan gula hingga pas. Jangan tumis terlalu lama, cukup sampai layu saja. Kemudian angkat dan matikan kompor.

Setelah bumbu matang, silahkan angkat dan sajikan bumbu ini diatas ikan dengan ditata secara rapih. Demikian resep membuat ikan gabus goreng bumbu rica-rica pedas yang enak dan lezat. Semoga resep ini bisa bermanfaat untuk ibu dirumah agar bisa menghidangkan sajian yang nikmat untuk keluarga.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dikolom komentar yang tersedia dibawah ini.

Loading...

Bella

Bella

Author at Selerasa
Istri yang hobi makan dan anak dari ibu yang jago masak sampe punya usaha katering kecil-kecilan dengan segala keterbatasannya akhirnya mulai bisa masak dan seneng eksperimen di dapur. Currently penulis, yang pada akhirnya jadi penulis resep adalah profesi yang dianggap paling tepat.
Bella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *