Resep Membuat Combro Tempe Cemilan Hangat yang Enak

Resep Membuat Combro Tempe Cemilan Hangat yang Enak

Anda tentu sudah tidak lagi asing dengan sajian combro, bukan? Hidangan yang berasal dari tanah sunda ini mulai dikenal oleh banyak masyarakat karena rasanya yang enak dan sedap sebagai cemilan yang sehat. Nah, jika biasanya combro seringkali berisikan oncom, kini fillingnya diganti dengan tempe. Penasaran dengan rasa dari sajian combro tempe? Yuk, buat di rumah sajian yang satu ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword cemilan tempe, combro isi tempe
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 25 menit
Porsi 40 Buah
Kalori 245 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan Kulit:

  • 500 gram singkong
  • 100 ml air
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Isian:

  • 200 gram tempe
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 1/2 sendok makan garam
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1 sendok teh gula merah sisir
  • 3 tangkai kemangi

Bumbu Tumbuk Kasar:

  • 3 butir bawang merah
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai merah besar

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Combro Tempe Cemilan Hangat yang Enak:

  1. Persiapan menjadi langkah yang penting yang akan memudahkan anda untuk membuat sajian kali ini. Hal ini dikarenakan pada langkah ini terdapat beberapa cara mengolah bahan yang caranya tidak dicantumkan pada resep. Dengan demikian, menyimak langkah persiapan sama artinya dengan mempermudah anda membuat hidangan kali ini.

  2. Persiapan pertama yang perlu dilakukan adalah singkongnya. Silahkan kupas singkong dan cuci sampai bersih. Setelah itu, parut singkong dengan lembut dan tampung hasilnya dalam sebuah wadah. 

  3. Bila sudah selesai kemudian peras singkong parut dan sisihkan airnya sebanyak 50 ml dan buang. Biarkan parutan singkong dalam keadaan kering agar nantinya bahan ini menjadi lebih mudah dibentuk sebagai adonan kulit combro. 

  4. Selesai dengan singkong parut, silahkan lanjutkan dengan mempersiapkan tempe sebagai bahan isian sajian kali ini. Caranya potong dan kerat tempe menjadi ukuran yang lebih kecil. 

  5. Lalu kemudian goreng sajian ini dalam minyak panas asal berkulit saja dan matang dengan merata. Lalu angkat dan tumbuk tempe ketika masih hangat agar teksturnya menjadi lebih hancur. 

  6. Masukkan bahan ini dalam wadah dan sisihkan sementara. Karena kita akan membuat sajian combro tempe kali ini.

Cara Membuat Combro Tempe Cemilan Hangat yang Enak:

  1. Untuk membuat sajian combro tempe terlebih dahulu silahkan siapkan sebuah wajan. Lalu masukkan sedikit minyak goreng kedalamnya dan panaskan dengan merata.

  2. Setelah itu, masukkan bumbu yang sudah ditumbuk kasar kedalamnya dan tumis sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.

  3. Lalu kemudian silahkan masukkan tempe kedalamnya. Aduk-aduk dengan merata semua bahan ini. Lalu bumbui dengan menggunakan garam, gula merah dan santan. Lalu aduk dengan merata agar bumbu yang dimasukkan tercampur merata. Kemudian masak sajian ini sampai meresap. 

  4. Untuk membuat kulit combro anda akan dapat mencampurkan singkong bersama dengan kelapa parut lalu tambahkan air dan berikan garam. Lalu aduk-aduk semua sajian ini dengan merata dan tercampur.

  5. Ambil sedikit adonan, pipihkan dengan merata, berikan isi dan bentuk dengan bulat dengan sempurna. Siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. 

  6. Setelah minyak panas baru goreng combro kedalamnya dan jangan lupa dibulak-balik agar sajian ini matang dengan merata. 

Catatan Resep

Setelah matang maka tentu saja hidangan combro ini akan bisa anda jadikan sebagai cemilan yang enak dan hangat. Santap bersama dengan keluarga ketika berkumpul bersama akan tentu lebih istimewa.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons