Resep Membuat Bubur Tinituan Khas Manado yang Enak

Resep Membuat Bubur Tinituan Khas Manado yang Enak

Yuk, sajikan dan nikmati hidangan bubur Tinituan khas Menado di rumah anda dengan resep mudah yang akan kami berikan kali ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword Bubur Manado, Bubur Tinutuan
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 20 menit
Total Waktu 30 menit
Porsi 4 Orang
Kalori 265 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 1 mangkuk kecil beras
  • 3 buah singkong atau ubi
  • 3 buah jagung muda
  • 1 buah Labu kuning
  • 1 batang serei digeprek

Bahan Pelengkap:

  • 1 ikat kangkung
  • Secukupnya garam dan penyedap rasa
  • 1 ikat bayam hijau
  • 2 buah bawang putih dihaluskan
  • jika ada sayur gedi(khas manado)silakan ditambahkan Daun kemangi

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Bubur Tinituan Khas Manado yang Enak:

  1. Untuk membuat sajian kali ini cara yang akan dapat anda lakukan sebenarnya cukup mudah. Langkah persiapan menjadi tahapan penting yang perlu dipersiapkan guna memudahkan anda membuat sajian kali ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan pada resep yang perlu diolah sebelum bahan ini dimasak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya secara merata. Maka dari itu, mari simak langkah persiapan penting tersebut dibawah ini.

  2. Persiapan pertama silahkan bersihkan beras sebagai bahan utama pembuatan bubur kali ini. Cuci beras dengan merata menggunakan air bersih dan pastikan anda mengaduk bahan ini sampai air cucian beras menjadi lebih bening dan jernih.

  3. Bila sudah selesai kemudian silahkan kupa labu kuning dengan merata. Lalu siapkan sebuah tatakan bersama dengan sebuah pisau. Potong-potong labu kuning dengan bentuk kotak ukuran kecil-kecil. Lalu masukkan dalam wadah dan bersihkan bahan ini dengan merata menggunakan air bersih.

  4. Kemudian setelah selesai maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyerut jagung muda menggunakan serutan. Masukkan bahan ini dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

  5. Selanjutnya anda akan senantiasa mengupas ubi atau singkong yang sudah anda siapkan. Silahkan kupas dengan merata. Kemudian sama halnya ketika anda mengolah labu kuning bahan ini silahkan dipotong dengan bentuk kotak ukuran lebih kecil.

  6. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

Cara Membuat Membuat Bubur Tinituan Khas Manado yang Enak:

  1. Untuk membuat sajian ini anda akan dapat melakukannya dengan cara menyiapkan sebuah panci. Kemudian masukkan kedalamnya air dan rebus sajian ini sampai mendidih dan merata.

  2. Lalu setelah itu, masukkan bahan-bahan seperti labu kuning, ubi atua singkong dan masak sajian ini sampai matang dan lunak dengan merata. 

  3. Setelah itu, silahkan angkat sajian sayur yang direbus dan haluskan bahan ini dalam mesin blender hingga halus dan merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

  4. Langkah selanjutnya silahkan siapkan panci yang baru lalu masukkan beras kedalamnya dan isikan air secukupnya. Lalu kemudian tuangkan jagung kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata. Masukkan pula serai dan masak sajian ini sampai beras berubah teksturnya menjadi lebih hancur. 

  5. Masukkan singkong kedalamnya dan campuran labu yang sudah dihaluskan dengan merata. Aduk dan masak sajian ini sampai merata dan tercampur matang.

  6. Lalu kemudian masukkan pula bawang putih yang sudah dihaluskan dan bumbui sajian ini dengan menggunakan garam dan taburkan sedikit penyedap rasa untuk memberikan rasa yang lebih gurih pada sajian kali ini.

  7. Terakhir masukkan sayuran yang sudah dicuci bersih dan sudah dipotong dengan ukuran yang lebih kecil. Aduk-aduk dan masak sampai sayuran menjadi lebih layu dan merata.

Catatan Resep

Nah, setelah matang maka sajian ini akan dapat anda nikmati bersama dengan telur rebus dan sajikan p[ula dengan ikan tongkol suwir dan tahu goreng.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons