Resep Membuat Bakwan Tempe Sayur yang Garing dan Renyah

Resep Membuat Bakwan Tempe Sayur yang Garing dan Renyah

Renyah dan gurih, mungkin itulah dua kata yang cocok menggambarkan betapa lezatnya hidangan bakwan tempe sayur kali ini. Sajian bakwan yang juga diberikan campuran rebon kali ini memberikan rasa yang lebih gurih dan enak pada sajian kali ini. Nah, untuk anda yang penasaran ingin tahu seperti apa resepnya. Maka mari kita simak informasi menariknya dibawah ini hanya untuk anda. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword bakwan tempe, tempe kering
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 10 Biji
Kalori 260 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 150 gram tempe
  • 50 gram wortel
  • 25 gram rebon
  • 150 ml air
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 1 sendok teh garam
  • 50 gram tepung sagu
  • 1 butir telur dikocok lepas
  • 2 tangkai daun kemangi, dipetiki
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh gula pasir

Bumbu Halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 2 butir bawang merah
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Bakwan Tempe Sayur yang Garing dan Renyah:

  1. Untuk membuat sajian bakwan tempe langkah yang perlu anda lakukan adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan yang ada pada resep. Cara ini akan membantu anda untuk menyajikan dan meracik sajian kali ini. Seperti apa saja langkah persiapan tersebut? Mari simak dibawah ini.

  2. Bahan pertama yang akan kita persiapkan adalah tempenya. Terlebih dahulu silahkan siapkan tatakan bersama dengan sebuah pisau. Kemudian potong-potong tempe dengan merata seukuran 1/2x1/2 cm. Setelah selesai memotong masukkan dalam wadah.

  3. Siapkan wajan, kemudian masukkan minyak goreng kedalamnya dan nyalakan api sedang. Lalu panaskan minyak dengan merata. Masukkan tempe kedalamnya dan goreng sajian ini sampai matang dan merata.

  4. Angkat dengan menggunakan serokkan dan sisihkan sementara. Untuk wortel, bahan ini akan dapat anda iris memanjang seperti korek api. Masukkan dalam wadah dan bersihkan dengan air bersih secara merata. 

  5. Kemudian untuk rebon, siapkan sebuah mangkuk kemudian masukkan rebon kedalamnya dan seduh dengan menggunakan air hangat. Cara penyeduhan dilakukan untuk mengurangi kadar garam yang ada pada rebon sehingga rasanya tidak terlalu kentara. 

Cara Membuat Bakwan Tempe Sayur yang Garing dan Renyah:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara masukkan tempe kedalam sebuah baskom atau wadah dengan ukuran yang sedang. Lalu tuangkan rebon kedalamnya bersama dengan wortel dan daun bawang. Kemudian aduk-aduk dengan merata semua sajian ini sampai tercampur. 

  2. Masukkan kemangi bersama dengan tepung terigu. Lalu tambahkan tepung sagu kedalamnya. Kemudian aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai tercampur. 

  3. Bumbui adonan dengan menggunakan garam dan gula pasir serta bumbu halus. Lalu kemudian aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai tercampur dan merata. 

  4.  Kemudian masukkan telur bersama dengan air dan aduk-aduk kembali semua sajian ini sampai tercampur dan tidak ada adonan yang masih menggumpal bersama dengan adonan lainnya. 

  5. Panaskan wajan dan masukkan minyak goreng secukupnya kedalamnya. Lalu panaskan dengan api yang sedang dan merata. Sendokkan adonan kedalam minyak panas dan goreng sampai matang.

  6. Jangan lupa dibulak balik agar bakwan tempe kali ini matang dengan merata. Setelah matang, angkat dengan menggunakan serokkan dan sisihkan terlebih dahulu agar minyaknya meniris. 

Catatan Resep

Baru kemudian hidangan ini akan dapat anda sajikan dan nikmati selagi masih hangat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons