Resep Memasak dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Pedas yang Enak dan Lezat

Hidangan sup ikan tuna kuah pedas adalah salah satu menu sajian istimewa.

Sajian ini bukan hanya nikmat, namun juga cukup mudah dibuat sendiri dirumah. Seperti apa resep membuat sup ikan tuna kuah pedas yang enak dan lezat? Kita simak resepnya berikut ini.

resep sup ikan tuna kuah pedas

Nama Resep

Resep Memasak dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Pedas yang Enak dan Lezat

4.8 115

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Pedas yang Enak dan Lezat

Bahan Utama Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Pedas:

  • 600 Gram ikan tuna
  • 1/2 lembar daun kunyit
  • 3 buah tomat, potong-potong
  • 1 batang serai, ambil putih dan memarkan
  • 15 tangkai kemangi, ambil daunnya
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1.000 ml air

Bumbu Sup Ikan Tuna Kuah Pedas yang Dihaluskan:

  • 10 buah cabai merah
  • 1 cm lengkuas
  • 5 butir kemiri, disangrai
  • 8 butir bawang merah
  • 2 cm jahe bakar
  • 2 cm kunyit, bakar

Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Pedas yang Enak dan Lezat

Cara Mengolah Ikan Tuna Sebelum Diberikan Bumbu:

  1. Langkah pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu dikesempatan kali ini adalah dengan mencuci bersih ikan dengan menggunakan air bersih yang mengalir, lalu pastikan jika kotoran dan lendir yang menempel pad aikan bisa dibersihkan dengan baik.
  2. Setelah selesai dibersihkan dengan air bersih, sekarang silahkan potong-potong ikan dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan. Hanya saja, jangan memotong ikan terlalu kecil agar sup ikan yang dibuat tidak hancur.
  3. Selesai dipotong-potong, sekarang masukkan ikan kedalam wadah dan lumuri bagian permukaan ikan dengan air perasan jeruk nipis secara merata. Hal ini difungsikan untuk menghilangkan kotoran dan meminimalisir bau amis yang menempel pada ikan sehingga ketika ikan dimasak aromanya akan lezat dan rasanya nikmat.
  4. Lalu diamkan dan sisihkan ikan yang sudah diberikan lumuran jeruk nipis selama kurang lebih 10-15 menit dan biarkan jeruk nipis meresap kedalamnya.

Cara Membuat Bumbu Sup Ikan Tuna Kuah Pedas:

  1. Setelah ikan dilumuri dengan air jeruk nipis, sekarang siapkan wajan dan masukkan minyak kedalamnya, tunggu hingga minyak menjadi panas dan goreng ikan terlebih dahulu sampai ikan menjadi kecoklatan dan krispi.
  2. Setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya sebentar.
  3. Pada wajan lain dengan memanaskan sedikit minyak, masukan semua bahan halus dan tumis hingga bahan tersebut mengeluarkan aroma sedap dan harum yang lezat.
  4. Setelah bumbu tumisan mengeluarkan aroma yang lezat, sekarang tungkan air kedalamnya dan biarkan air mendidih sementara. Lalu setelah itu, masukkan potongan tomat dan biarkan tomat mengeluarkan airnya.
  5. Masukkan ikan tuna yang telah digoreng kedalamnya dan rebus terus hingga air kuah sup ikan tuna menyusut dan masak dengan menggunakan api kecil hingga bumbu meresap pada ikan tuna.
  6. Tuangkan garam dan bumbu-bumbu lain kemudian masak kembali sampai bumbu meresap pada ikan tuna goreng yang sedang direbus.

Setelah matang, silahkan angkat sajian sup ikan tuna kuah pedas ini dan sajikan pada mangkuk saji yang telah anda persiapkan. Sebagai sentuhan akhir anda bisa memberikan taburan bawang goreng dan potongan cabai atau memberikan cabai merah utuh dibagian atasnya sebagai garnish untuk mempercantik penampilannya dan membuatnya menjadi terlihat lebih menggoda.

Demikian resep dan cara membuat sajian sup ikan tuna kuah pedas yang nikmat dan sedap.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons