Resep Memasak dan Cara Membuat Pindang Tulang Iga Sapi Palembang Asli yang Enak dan Mudah

Sajian pindang tulang iga sapi khas Palembang adalah satu dari sekian banyak masakan Sumatera Barat yang memiliki cita rasa yang nikmat.

Dan tahukah anda ternyata selain lezat, hidangan ini juga mudah dibuat dirumah. Bagaimana, apakah anda penasaran seperti apa cara membuat sajian pindang tulang iga sapi Khas Palembang? Yuk, kita simak resepnya berikut ini.

resep pindang tulang iga palembang

Nama Resep

Resep Memasak dan Cara Membuat Pindang Tulang Iga Sapi Palembang Asli yang Enak dan Mudah

4.8 76

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Pindang Tulang Iga Sapi Palembang Asli yang Enak dan Mudah

Bahan Utama yang Diperlukan Untuk Membuat Pindang Tulang Iga Palembang:

  • 1 kg tulang iga sapi
  • Garam dan lada secukupnya
  • 2 butir bawang merah, dibakar sebentar
  • 10 buah cabai merah, dibakar sebentar

Bumbu-Bumbu Untuk Membuat Pindang Tulang Iga Khas Palembang:

  • 1 batang serai, memarkan
  • 3 siung bawang putih, tumbuk kasar
  • 5 cm lengkuas, memarkan
  • 4 butir bawang merah, tumbuk kasar
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 20 gram air asam jawa
  • 3 lembar daun salam
  • 2 buah tomat
  • 1 sdm kecap manis
  • 20 gram gula merah
  • 2 sdm kecap asin

Cara Membuat Pindang Tulang Iga Sapi Palembang Asli yang Enak dan Mudah

Cara Mengolah Daging Sebelum Dimasak:

  1. Pertama-tama hal yang bisa anda lakukan untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan mengolah daging sebelum dibumbui. Cara pertama yang saya lakukan untuk mengolah daging adalah dengan memotong-motong iga yang sudah dipersiapkan dengan bentuk dan ukuran yang saya inginkan, namun ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, agar ketika disajikan pindang iga bisa muat dengan sempurna pada mangkuk saji. Namun demikian, anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran yang anda inginkan.
  2. Setelah selesai dipotong-potong, sekarang silahkan tempatkan iga pada wadah atau mangkuk berukuran sedang dan ambil ke tempat cucian untuk dibersihkan.
  3. Cuci iga dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan pastikan jika semua kotoran yang menempel pada iga bisa dibersihkan dengan baik, sehingga ketika dimasak, kebersihan daging terjaga dengan baik.
  4. Apabila sudah selesai dimasak, sekarang angkat daging dari cucian dan sajikan kembali kedalam wadah yang tadi digunakan. Lalu tiriskan air cuciannya dan pastikan tidak ada genangan air pada wadah iga, kemudian sisihkan sementara.

Cara Memasak Pindang Tulang Iga Khas Palembang:

  1. Panaskan air secukupnya dalam panci dan rebus tulang iga bersama dengan bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan. Aduk-aduk hingga merata sampai bumbu larut dalam kuah daging dengan merata.
  2. Setelah itu, masukkan semua bumbu kedalamnya dan aduk-aduk hingga merata dan rebus daging hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, jika anda mendapati busa atau buih pada rebusan daging, sebaiknya buang busa-busa ini sampai kuah rebusan daging terlihat bersih tanpa busa.
  4. Baru setelah busa dibuang, sekarang masukkan garam, lada, cabai dan bawang merah yang telah dibakar kedalam rebusan. Aduk-aduk merata hingga semua bahan layu dan larut.
  5. Masak iga sapi hingga empuk dan cicipi pula bumbu yang anda masukkan apakah sudah pas atau belum. Jika belum, silahkan untuk tidak ragu menambahkan lebih banyak bumbu sesuai dengan selera.

Apabila sudah matang, silahkan angkat rebusan pindang tulang iga dan sewaktu menghidangkan, serai, jahe dan lengkuas boleh anda buang. Hidangkan lezatnya sajian pindang tulang iga khas Palembang ini ditengah keluarga dan sajikan selagi masih hangat. Demikian resep membuat sajian pindang tulang iga khas Palembang, semoga resep ini bermanfaat.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons