Resep Memasak dan Cara Membuat Ikan Tongkol Goreng Bumbu Sambal yang Gurih, Enak dan Lezat

Hidangkan kebaikan manfaat ikan tongkol yang diolah menjadi sajian istimewa.

Hidangan ikan tongkol goreng bumbu sambal gurih adalah salah satu menu pilihan yang dibuat dengan komposisi bumbu yang pas yang akan membuat ibu bisa menyajikan hidangan yang istimewa.

Resep ini cukup mudah dibuat dirumah, sebab bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak sulit dijumpai. Nah, agar ibu bisa menyajikan sendiri hidangan ini dirumah, kita simak resepnya berikut ini.

resep ikan tongkol bumbu sambal

Nama Resep

Resep Memasak dan Cara Membuat Ikan Tongkol Goreng Bumbu Sambal yang Gurih, Enak dan Lezat

4.8 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Tongkol Goreng Bumbu Sambal yang Gurih, Enak dan Lezat

Bahan Utama Ikan Tongkol:

  • 3 ekor ikan tongkol, kecil
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Secukupnya garam
  • secukupnya minyak untuk mengoreng

Bumbu Ikan yang Dikukus:

  • 3 cabe merah besar
  • 5 Bawang Merah
  • 3 buah bawang putih
  • 7 buah cabe keriting
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya kaldu bubuk

Bahan Pelengkap Ikan Tongkol:

  • Nasi putih hangat
  • Bawang goreng
  • Lalapan

Cara Membuat Ikan Tongkol Goreng Bumbu Sambal yang Gurih, Enak dan Lezat

Cara Mempersiapkan Ikan Tongkol Sebelum Dimasak:

  1. Cara pertama bisa dilakukan dengan membersihkan ikan tongkol yang sudah anda beli dari pasar. Ikan tongkol yang segar yang anda dapatkan dari pasar mungkin saja belum dibersihkan bagian dalam tubuhnya. Untuk itu, silahkan bersihkan bagian insang ikan dan bagian jeroan ikan hingga bersih sampai dipastikan tidak ada kotoran yang masih menempel.
  2. Selesai bagian ikan dibersihkan secara merata, sekarang potong ikan tongkol masng-masing menjadi 4 bagian secara merata.
  3. Setelah dipotong merata, sekarang cuci kembali ikan tongkol untuk membersihkan hingga kebagian dalma ikan jika saja masih ada kotoran yang menempel.
  4. Nah, setelah selesai dibersihkan. Sekarang silahkan lumuri ikan tongkol dengan air jeruk nipis dan garam dapur secara merata. Hal ini dimaksudkan agar kotoran yang menempel pada ikan bisa dibersihkan secara merata.
  5. Setelah diberikan air jeruk dan garam, sekarang diamkan dan sisihkan ikan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 sampai 15 menit agar bumbu meresap pada ikan secara merata.

Cara Membuat Ikan Tongkol Goreng Bumbu Sambal:

  1. Siapkan wajan, masukkan minyak goreng kedalamnya secukupnya saja dan tunggu hingga minyak yang anda masukkan menjadi panas secara merata.
  2. Setelah minyak dalam wajan panas, silahkan goreng ikan tongkol yang sudah dipotong-potong hingga kering dan berwarna keemasan. Agar letupan minyak sewaktu menggoreng tidak mengenai kulit anda, sebaiknya goreng ikan dengan api yang kecil.
  3. Nah, setelah ikan matang, silahkan angkat ikan dari penggorengan dan tiriskan minyaknya terlebih dahulu sebelum kita masak bumbu sambalnya.
  4. Cara memasak bumbu sambal: Ulek dan haluskan semua bumbu yang telah dikukus dan masukkan garam beserta dengan kaldu instan dan gula pasir secukupnya saja.
  5. Setelah dihaluskan, silahkan tumi bumbu ini hingga harum dan matang. Setelah harum, masukkan ikan tongkol kedalamnya dan aduk-aduk hingga bumbu meresap dan tercampur merata bersama dengan bumbu yang anda buat.

Setelah ikan matang, silahkan sajikan ikan dalam piring saji dan hidangkan bersama dengan bahan pelengkap. Waktu terbaik untuk menyantap hidangan ini adalah ketika makan siang. Demikian resep membuat ikan tongkol goreng bumbu sambal.

Jangan lupa klik tombol share berikut agar anda bisa berbagi resep spesial ini dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons