Resep Memasak dan Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Pedas Manis yang Enak dan Nikmat

Sajian ikan tongkol bumbu pedas manis yang enak dan nikmat adalah sajian utama yang istimewa.

Sajian ini selain memiliki citarasa yang lezat, juga pembuatan terbilang cukup mudah. Sehingga bagi anda yang ingin menyajikan hidangan ini dirumah, maka anda akan dapat melakukannya dengan mudah.

Nah, penasaran ingin tahu seperti apa resep membuat masakan ikan tongkol bumbu pedas manis, yuk kita simak resep berikut ini.

ikan tongkol pedas manis

Nama Resep

Resep Memasak dan Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Pedas Manis yang Enak dan Nikmat

4.9 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Tongkol Bumbu Pedas Manis yang Enak dan Nikmat

Bahan dan Bumbu Ikan Tongkol:

  • 6 buah ikan tongkol pindang
  • 200 ml air putih
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu Ikan Tongkol:

  • 3 butir bawang putih
  • 3 buah cabai rawit
  • 4 buah cabai hijau
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 sdm Kecap Bango
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Gula jawa

Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Pedas Manis yang Enak dan Nikmat

Cara Mempersiapkan Ikan Pindang Tongkol:

  1. Pertama, ketika anda sudah mendapatkan ikan pindang tongkol yang dibeli dipasar, sebaiknya bawa terlebih dahulu ikan ketempat cucian dan cuci bersih dengan menggunakan air yang mengalir untuk menghilangkan kotoran pada ikan. Hanya saja, jangan meremas atau menekan dengan terlalu kuat ikan yang anda cuci. Sebab ikan pindang tongkol umumnya dibuat dengan setengah matang, jika anda menekan dan meremasnya, dikhawatirkan ikan akan hancur.
  2. Jika ikan tongkol sudah dibersihkan secara merata, silahkan lumuri ikan dengan air jeruk nipis agar bau amis pada ikan bisa dihilangkan secara merata.
  3. Selesai melumuri daging ikan tongkol dengan air jeruk nipis, jangan terlebih dahulu membumbui ikan dan memasaknya dengan bahan lain. Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit agar bau amis pada ikan bisa dihilangkan.

Cara Membuat Ikan Tongkol Goreng Bumbu Pedas Manis:

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuat ikan tongkol goreng adalah setelah ikan didiamkan selama waktu yang ditentukan sebelumnya, silahkan siapakan wajan dan goreng ikan tongkol yang sudah anda lumuri dnegan bumbu.
  2. Goreng dan masak ikan tongkol hingga matang. Ketika anda mendapati ikan pindang tongkol yang anda beli sewaktu dimasak meletup-letup, sebaiknya tutup bagian permukaan wajan dengan tutup panci dan goreng dengan menggunakan api yang kecil hingga ikan matang dan berwarna keemasan.
  3. Setelah itu, angkat ikan dan masukan dalam serokan, lalu biarkan terlebih dahulu agar minyak yang meresap pada ikan bisa menetes kebagian bawah.
  4. Kita siapakan wajan lain dan tumi bumbu bawang putih bersama dengan bawang bombay, cabai hingga tercium bau harum yang lezat dan sedap.
  5. Setelah tumisan bumbu tercium harum, kita masukkan air kedalamnya bersama dengan gula jawa dan kecap manis serta merica bubuk . Lalu aduk-aduk merata sampai semua bumbu tercampur.
  6. Masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng kedalamnya dan kembali aduk-aduk merata sampai bumbu dan ikan tercampur dan masak hingga air dalam tumisan menyurut.

Jika ikan tongkol sudah matang, silahkan angkat ikan dan sajikan ikan dalam piring saji bersama dengan sepiring nasi putih hangat yang pulen. Demikian resep dan cara membuat ikan tongkol goreng bumbu pedas manis yang enak dan sedap.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons