Resep Memasak dan Cara Membuat Ikan Gabus Masak Santan yang Enak, Lezat dan Sederhana

Sajian ikan gabus masak santan adalah salah satu menu hidangan istimewa yang lezat.

Apalagi jika hidangan ini dibuat dnegan komposisi bumbu yang pas dan lezat, sudah pasti masakan yang dihasilkan akan tersaji dengan istimewa. Penasaran ingin tahu seperti apa resep ikan gabus masak santan? Simak resepnya berikut ini.

ikan gabus santan

Nama Resep

Resep Memasak dan Cara Membuat Ikan Gabus Masak Santan yang Enak, Lezat dan Sederhana

4.6 145

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Gabus Masak Santan yang Enak, Lezat dan Sederhana

Bahan Utama Ikan Gabus:

  • 1/2 kg ikan gabus
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 3 gelas santan
  • 1 sdt garam
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu Ikan Gabus yang Diperlukan:

  • 10 buah bawang merah
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 5 butir kemiri
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah
  • garam secukupnya

Cara Membuat Ikan Gabus Masak Santan yang Enak, Lezat dan Sederhana

Cara Membersihkan Ikan Gabus Sebelum Dimasak:

  1. Pertama, silahkan ambil ikan gabus segar yang sudah anda beli ke tempat cucian dan cuci bersih ikan dengan air yang mengalir dari keran.
  2. Lalu bersihkan lendir yang ada pada permukaan tubuh ikan dengan menggunakan abu gosok hingga permukaan tubuh ikan menjadi lebih kesat. Setelah itu, bersihkan kembali ikan dengan air yang mengalir.
  3. Kemudian, bersihkan bagian isi perut ikan dengan cara gunakan pisau dapur untuk membelah bagian dalam perut ikan. Setelah bagian dalam perut ikan terbelah, silahkan gunakan tangan untuk menjangkau bagian jeroannya dan pastikan jika anda membersihkannya secara merata, lalu kembali bersihkan bagian perut ini dengan air bersih.
  4. Setelah itu, belah atau potong bagian moncong ikan, sebab bagian ini tidak akan kita konsumsi. Caranya, gunakan pisau untuk membelah dan lakukan dengan hati-hati agar tidak mengenai bagian tangan atau tubuh anda.
  5. Selanjutnya, potong-potong ikan menjadi beberapa bagian yang anda sukai. Disini saya memotong satu ekor ikan menjadi 2-3 bagian agar tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal.
  6. Kemudian, lumuri ikan dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan taburan garam secara merata sampai semua bagian ikan terlumuri dengan bumbu ini. Setelah itu, diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ikan Gabus Masak Santan:

  1. Selagi menunggu ikan didiamkan, silahkan siapkan wajan dan panaskan minyak goreng didalamnya. Lalu goreng ikan gabus hingga matang dan berwarna keemasan. Setelah itu, angkat ikan dan sisihkan ikan sementara sebelum kita bumbui.
  2. Lalu, haluskan bumbu dengan menggunakan ulekan dan pastikan jika bumbu tersebut bisa halus secara merata.
  3. Setelah itu, siapkan wajan dan panaskan kembali wajan dan tumis bumbu tersebut hingga tercium bau harum yang lezat.
  4. Setelah bumbu harum, silahkan masukkan ikan gabus yang telah digoreng sambil diaduk-aduk merata sampai bumbu dan ikan tercampur merata.
  5. Lalu tuangkan santan kedalamya dan didihkan sampai kuah santan mengental. Akan tetapi, jangan lupa untuk terus mengaduk-aduk santan sewaktu dimasak agar santan tidak pecah.
  6. Tambahkan garam, gula dan penyedap untuk menambah rasa dan cicipi rasa hingga pas. Lalu masak hingga bumbu meresap kedalam ikan secara merata.

Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan dari rebusan dan sajikan ikan dalam mangkuk saji. Untuk menambah rasa dan selera, anda bisa menambahkan taburan bawang goreng dibagian atasnya. Demikian resep membuat ikan gabus masak santan yang enak dan lezat.

Jangan lupa bagikan resep kali ini bersama dengan teman dan sahabat dan jangan lupa berikan komentar anda dikolom dibawah ini.

Loading...

Bella

Bella

Author at Selerasa
Istri yang hobi makan dan anak dari ibu yang jago masak sampe punya usaha katering kecil-kecilan dengan segala keterbatasannya akhirnya mulai bisa masak dan seneng eksperimen di dapur. Currently penulis, yang pada akhirnya jadi penulis resep adalah profesi yang dianggap paling tepat.
Bella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *