Resep Memasak dan Cara Membuat Ikan Gabus Bumbu Lado Ijo Kaya Bumbu yang Enak dan Nikmat

Hidangan ikan gabus bumbu lado ijo adalah salah satu sajian yang istimewa.

Komposisi cabai hijau yang dipadu dengan bumbu dan rempah lain yang begitu pas, membuatnya menjadi begitu berselera. Selain nikmat, hidangan ini juga bisa dibuat dirumah dengan sederhana. Seperti apa sih resep membuat ikan gabus bumbu lado ijo yang kaya bumbu dan enak? Yuk, kita simak resep dibawah ini.

ikan gabus asin lado ijo

Nama Resep

Resep Memasak dan Cara Membuat Ikan Gabus Bumbu Lado Ijo Kaya Bumbu yang Enak dan Nikmat

4.8 93

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Gabus Bumbu Ladoo Ijo Kaya Bumbu yang Enak dan Nikmat

Bahan dan Bumbu Ikan Gabus:

  • 250 gram ikan gabus asin
  • minyak untuk menggoreng
  • 1/2 sendok teh air jeruk nipis
  • 10 tangkai daun kemangi
  • 5 sendok makan minyak goreng
  • 100 ml air

Bumbu yang Ditumbuk Kasar:

  • 10 buah cabai hijau besar
  • 2 siung bawang putih
  • 10 butir bawang merah
  • 5 buah cabai rawit

Bahan Pelengkap Ikan Gabus:

  • Bawang goreng
  • Kerupuk
  • Nasi Hangat

Cara Membuat Ikan Gabus Bumbu Ladoo Ijo Kaya Bumbu yang Enak dan Nikmat

Cara Membersihkan Ikan Gabus Asin Sebelum Diolah:

  1. Langkah pertama, kita akan melakukannya dengan terlebih dahulu membersihkan ikan gabus asin yang sudah anda persiapkan. Fungsi mencuci disini, bukan hanya untuk menghilangkan kotoran yang ada pada ikan, namun juga jika mengingat kandungan garam pada ikan asin yang begitu banyak, maka kandungan ini harus kita buang agar nantinya olahan hidangan ikan gabus kita rasanya tidak dominan asin. Untuk itu, terlebih dahulu silahkan cuci bersih ikan dengan air mengalir.
  2. Setelah ikan dibersihkan dengan air yang mengalir. Selanjutnya, silahkan potong-potong ikan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Hanya saja, jangan memotongnya terlalu besar.
  3. Kemudian, kita akan siapkan semangkuk air dan masukkan air ini kedalam panci untuk selanjutnya kita akan memanaskannya diatas kompor. Setelah itu, silahkan panaskan air sampai panas saja tidak usah mendidih
  4. Setelah air panas, tuangkan kembali air kedalam wadah dan masukkan ikan gabus asin kedalam air dalam wadah kemudian rendam selama kurang lebih 5 menit untuk menghilangkan kelebihan kadar garam didalamnya.
  5. Setelah ikan direndam dengan air panas. Kemudian angkat ikan dan tiriskan airnya terlebih dahulu sebelum kita masak dan bumbui dengan rempah yang enak.

Cara Membuat Ikan Gabus Bumbu Lado Ijo:

  1. Pertama, kita siapkan wajan diatas kompor dan tuangkan minyak goreng kedalamnya, lalu tunggu hingga minyak panas secara merata.
  2. Setelah minyak panas, silahkan goreng ikan gabus asin kedalamnya hingga ikan matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat ikan jika sudah matang dan sisihkan sementara sebelum kita buat bumbu lado ijonya.
  3. Untuk membuat bumbu lado ijo, kita siapkan wajan baru dan tuangkan minyak goreng kedalamnya, kemudian tunggu hingga minyak panas dan tumis bumbu yang telah ditumbuk kasar hingga harum.
  4. Masukkan air jeruk nipis dan aduk-aduk merata sampai semua bumbu tercampur.
  5. Masukkan ikan gabus yang telah digoreng kedalamnya bersama dengan air dan aduk-aduk kembali sampai kuah ini mendidih secara merata.
  6. Terakhir, ketika menjelang diangkan silahkan tambahkan daun kemangi kedalamnya dan aduk-aduk merata sampai semua bumbu meresap.

Jika ikan sudah matang, angkat ikan dari sajian dan hidangkan ikan diatas meja makan bersama dengan bahan pelengkap yang sudah anda siapkan.

Jangan lupa klik tombol share berikut agar anda bisa berbagi resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan bagikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons