Resep Masakan Lempah Kuning Ikan Pari Khas Bangka Belitung

Aneka masakan di Indonesia memang memiliki ciri khas tersendiri seperti sekarang ini kami mencoba hadirkan masakan lempah kuning ikan pari khas dari Bangka Belitung.

Negara yang kita cinta ini memang sangat luar biasa selain memiliki banyak pulau yang tersebar di Nusantara, Indonesia juga memiliki beberapa wilayah yang sangat unik dengan menghasilkan hasil laut berupa ikan-ikan yang biasa banyak di olah oleh masyarakat kita, sehingga memiliki aneka varian makanan khas tersendiri di tiap-tiap wilayah. Salah satu yang akan kami angkat kali ini adalah dari Pulau Sumetara, tepatnya di Bangka Belitung. Aneka masakan di Bangka Belitung ini sudah banyak tersebar di berbagai wilayah di Nusantara, karena memang memiliki cara pengolahan yang unik serta meiliki citarasa yang meggugah selera makan anda.

Masakan khas Belitung yang akan kami bahas adalah masakan lempah kuning ikan pari yang sangat gurih dan memiliki kelezatan yang tidak tertandingi yang mampu membuat lidah anda bergoyang. Selain kelezatan yang dimiliki dari masakan lempah ikan pari ini, ada hal yang penting terkait kandungan dari ikan pari. Ikan pari yang memiliki kandungan protein kemudian omega 3, lalu vitamin dll ini sangat baik bagi bagi kesehatan. Nah penasaran bagaimana resep serta cara membuat lempah kuning ikan pari yang enak dan lezat, berikut langkah-langkahnya dibawah ini.

resep lempah kuning ikan pari

Nama Resep

Resep Masakan Lempah Kuning Ikan Pari Khas Bangka Belitung

4.6 234

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Lempah Kuning Ikan Pari Khas Bangka Belitung

Bahan dan Bumbu

  • 500 gram ikan pari segar
  • 3 lembar daun kedondong, dicuci bersih
  • 1`sdt terasi
  • 1 gelas air asam jawa (kental)
  • 3 sendok makan halus pasir
  • garam secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 3 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 2 buah cabai besar

Cara Membuat  Masakan Lempah Kuning Ikan Pari Khas Bangka Belitung

Cara Memasak

  1. Yang peratam adalah membersihkan ikan pari, kemudian potong sesuai selera.
  2. Selanjutnya adalah merebus air asam jawa, kemudian masukan bahan bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan terasi, lalu aduk-aduk hingga merata.
  3. Setelah itu masukan ikan pari yang sudah di potong-potong.
  4. Setelah itu masukan garam secukupnya, lalu masukan juga gula, aduk-aduk.
  5. Setelah itu masukan daun kedondong, lalu masak hingga ikan pari berasa lunak. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Masakan Lempah Kuning Ikan Pari Khas Bangka Belitung yang bisa anda buat dirumah. Bahan yang mudah ditemukan membuat anda mudah mengolahnya sendiri di rumah. Dan tantunya anda rtidak perlu repot-repot harus pergi ke Bangka Belitung hanya untuk sekedar mencicipinya. Karena telah kami hadirkan resep serta cara memasaknya. Kelezatan pada masakan khas Bangka Belitung ini tentunya membuat anda merasa ketagihan setelah menyantapnya. Sajikan lempah kuning ikan pari ini dengan nasi putih hangat. Dengan membuat masakan khas dari Bangka Belitung ini yaitu masakan lempah kuning ikan pari, tentunya semakin bertambah koleksi didalam menu makan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk membagikan Resep Masakan Lempah Kuning Ikan Pari Khas Bangka Belitung kepada semua teman serta kerabat dan keluarga tercinta anda dimanapun berada, serta jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini yang sudah kami sediakan, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons