Resep Masakan Ikan Tenggiri Bumbu Acar Kuning Yang Pedas dan Lezat

Masakan khas dari ikan tenggiri kali ini adalah menggunakan bumbu acar kuning bercitarasa pedas dan enak.

Ikan tenggiri, ikan yang hidup di air laut ini banyak ditangkap oleh para nelayan, karena memiliki nilai jual yang baik. Ikan tenggiri banyak tersebar luar di perairan laut di Indonesia, sehingga tidaklah sulit untuk mencarinya serta menangkapnya. Ikan tenggiri juga banyak tersebar dijual bebaskan dipasar tradisional ataupun supermarket sehingga memudahkan bagi anda yang gemar dengan masakan ikan tenggiri.

Ikan tenggiri biasanya digunakan untuk membuat pempek ataupun bakso, namun sekarang ini banyak ditemukan aneka varian dari masakan ikan tenggiri, salahsatunya ikan tenggiri asam pedas, ikan tenggiri asam manis, ikan tenggiri bakar dan masih banyak lagi masakan dengan bahan dasar ikan tenggiri ini. Kenikmatan serta kelezatan pada daging ikan tenggiri menjadi salah satu alasan para pecinta kuliner untuk mencicipinya, selain rasanya ikan tenggiri ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Banyak kandungan nutrisi yang didapat salah satunya kandungan protein yang tinggi dan juga kandungan lainnya yang baik bagi tubuh.

Nah, bagi anda yang gemar dengan masakan ikan tenggiri, kini kami hadirkan masakan ikan tenggiri bumbu acar kuning. Bumbu acar kuning ini terdiri dari campuran beberapa bahan rempah dengan diolah sedemikian rupa sehingga mengeluarkan rasa yang lezat. Penasaran bagaimana resep serta cara membuat masakan ikan tenggiri bumbu acar kuning ini, berikut langkah-langkahnya.

ikan tenggiri bumbu acar

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Tenggiri Bumbu Acar Kuning Yang Pedas dan Lezat

4.7 123

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Tenggiri Bumbu Acar Kuning Yang Pedas dan Lezat

Bahan

  • 500 gram ikan tenggiri segar
  • 1 buah jeruk nipis
  • 10 buah bawang merah
  • 10 buah cabe rawit
  • 3 buah cabe merah, diiris bulat
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 ruas jari jahe, dicincang
  • 5 buah kemiri, disangrai
  • 1 ruas jari kunyit, dicincang
  • 1 sendok makan garam
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh cuka
  • 200 Cc air putih
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Masakan Ikan Tenggiri Bumbu Acar Kuning Yang Pedas dan Lezat

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci ikan hingga bersih, setelah itu potong mejadi 8 bagian atau sesuai selera anda, kemudian lumuri dengan jeruk nipis.
  2. Selanjutnya adalah panaskan minyak goreng, kemudian goreng ikan tenggiri hingga matang, angkat lalu tiriskan.
  3. Setelah itu membuat bumbu halus, menggunakan ulekan, bawang putih, merica bubuk, jahe, kemiri, kunyit lalu garam hingga halus.
  4. Setelah itu panaskan minyak goreng untuk menumis bahan bumbu halus, masak hingga harum, kemudian tambahkan bawang merah, cabai rawit, cabe merah, serai, gula, lalu cuka dan juga air, aduk merata hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, masukan ikan tenggiri yang sudah digoreng tadi, aduk-aduk hingga kuah mengental dan meresap ke dalam daging ikan tenggiri.
  6. Matang, angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Ikan Tenggiri Bumbu Acar Kuning yang pedas dan lezat yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan serta cara pembuatan yang sangat sederhan menjadikan masakan ini menjadi lebih nikmat dan lezat kala disantap. Untuk melengkapi hidangan menu makan anda bisa ditambah beberapa masakan lainnya berupa masakan tumis kangkung ataupun sesuai dengan sele anda sekeluarga. Bercitarasa yang pedas salah satu khas dari masakan ikan tenggiri bumbu acar kuning ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa beri komentar dibawah ini seputar Resep Ikan Tenggiri Bumbu Acar Kuning yang pedas dan lezat, dan jangan lupa pula untuk memberikan komentar dikolom yang sudah kami sediakan, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons