Resep Masakan Ikan Gurame Saus Besengek

Ingin mencoba masakan yang sangat sederhana dan praktis yuk kita coba membuat masakan ikan gurame saus besengek.

Berbicara tentang masakan berbahan dasar ikan, selalu mejadi pilihan para pecinta kuliner untuk mencicipinya. Selain rasa yang lezat dari ikan, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi ikan ini, salah satunya ikan gurame. Ikan gurame sangat baik bagi kesehatan, Karena ikan gurame memiliki kandungan yang kaya akan protein, vitamin dan juga banyak lagi kandungan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dagingnya yang empuk dan gurih ikan gurame ini sangat cocok dimasak dengan cara apapun, salah satunya gurame bakar, sup ikan gurame, ikan gurame asam manis dan masih banyak lagi jenis masakan berbahan dasar ikan gurame ini. Karen itu tidak heran banyak masakan ikan gurame ini tersaji ditempat rumah makan ataupun restoran yang selalu memberikan sajian sedap enak dari masakan ikan gurame ini.

Namun kali ini kami selerasa.com mencoba memberikan resep yang sangat mudah dan praktis yaitu resep masakan ikan gurame saus besengek. Cita rasa yang sangat lezat inilah masakan ikan gurame menjadi salah satu masakan favorit keluarga pecinta kuliner. Nah bagi anda yang gemar dengan masakan ikan gurame, tidak ada salahnya mencoba masakan ikan gurame saus besengek, berikut resep dan cara membuatnya.

ikan gurame saus besengek

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Gurame Saus Besengek

4.8 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Gurame Saus Besengek

Bahan

  • 500 gram fillet ikan gurame, dipotong sesuai selera
  • 85 gram tepung bumbu
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 Liter minyak goreng (5 sdm untuk menumis)
  • 200 ml santan
  • 2 batang serai, diiris-iris
  • 6 buah cabai merah
  • 2 sendok makan gula merah
  • 3 sendok makan asam jawa
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Saus Besengek

Cara Memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah menduci ikan gurame hingga besih, setelah itu lumuri dengan perasan air jeruk, kemudian diamkan sekitar 5 menit.
  2. Selanjutnya adalah siapkan tepung bumbu dalam wadah, kemudian gulingkan fillet ikan gurame pada tepung.
  3. Kemudian panaskan minyak untuk mengoreng ikan gurame, hingga warnanya coklat kekuning-kuningan, lalu angkat dan tiriskan lalu simpan dipiring saji.
  4. Selanjutnya cabai merah dihaluskan ditambah dengan air putih menggunakan blender hingga halus.
  5. Selanjutnya adalah panaskan minyak goreng untuk menumis, lalu tumis cabai merah yang sudah diblender, kemudian masukan pula serai yang sudah dipotong-potong serong, lalu aduk hingga rata.
  6. Selanjutnya masukan santan, gula merah, lalu asam jawa dan juga garam, lalu aduk-aduk hingga kuahnya terlihat menyusut dan mendidh, angkat
  7. Siramkan kuah tersebut diatas ikan gurame yang sudah disimpan pada piring saji hingga merata.
  8. Ikan gurame saus besengek siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat

Demikianlah Resep Masakan Ikan Gurame Saus Besengek yang bisa anda coba dirumah. Sajikan masakan ikan gurame saus besengek ini ditengah-tengah keluarga anda. Menu harian anda akan semakin lengkap dengan mencoba membuat masakan ikan gurame besengek ini. Rasa yang lezat dari ikan gurae ditambah dengan bumbu saus yang diracik sedemikan rupa, menjadikan masakan gurame saus besengek ini menjadi makanan pilihan keluarga anda. Selamat mencoba

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Jangan lupa share ya Resep Masakan Ikan Gurame Saus Besengek agar teman, saudara serta keluarga tercinta anda merasakan betapa lezatnya masakan ikan gurame saus besengek ini, dan jangan lupa juga beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons