Resep Masakan Ikan Cakalang Dabu dabu Khas Manado Yang Enak dan Praktis

Ingin mencoba masakan ikan cakalang dengan bahan bumbu khas Manado yang super pedas? Kami hadirkan masakan dabu dabu.

Ikan cakalang merupakan ikan yang hidupnya di air laut, salah satu ikan yang banyak diminati oleh para pecinta kuliner selerasa.com. Ikan cakalang ini memiliki dagingnya yang padat, selain itu juga memiliki rasa yang lezat dan gurih kala dimasak dengan cara apapun. Ikan cakalang salah satu ikan juga yang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh, diantaranya mampu mencegah anemia, kemudian reumatik, lalu mencegah kulit kusam. Adapun kandungan pada ikan cakalang ini adalah memiliki kandungan protein yang tinggi serta kandungan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan serta pertumbuhan sang anak.

Setelah mengetahui manfaat serta kandungan pada ikan cakalang ini, ada baiknya sajikan pada menu makan harian anda. Berbicara aneka masakan ikan cakalang ini memang tidak pernah ada habisnya, bagaimana tidal? Ikan cakalang ini diolah sedemikian rupa namun etap memiliki citaracyang lezat. Nah, bagi anda yang gemar dengan masakan ikan cakalang, kami akan hadirkan resep khas dai manado yaitu dabu-dabu. Berikut Resep Masakan Ikan Cakalang Dabu dabu Khas Manado Yang Enak dan Praktis, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

masakan cakalang dabu dabu

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Cakalang Dabu dabu Khas Manado Yang Enak dan Praktis

4.9 117

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Cakalang Dabu dabu Khas Manado Yang Enak dan Praktis

Bahan dan Bumbu

  • 250 gram ikan cakalang
  • 8 buah jeruk nipis
  • 1/4 kg cabai merah keriting, diiris-iris
  • 10 siung bawang merah, diiris-iris
  • 8 siung bawang putih,di iris-iris
  • 4 buah tomat hijau, potong-potong
  • 20 lembar daun jeruk
  • Garam secukupnya
  • air secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Masakan Ikan Cakalang Dabu dabu Khas Manado Yang Enak dan Praktis

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah mencuci ikan cakalang hingga bersih, setelah itu lumuri dengan air jeruk nipis sekitar 2 sdm dan juga garam. Lalu diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu kukus selama 15 menit.
  2. Setelah itu panaskan minyak goreng lalu tumis bahan berupa bawang merah, kemudian bawang putih, lalu tomat hijau, masukan pula daun jeruk serta cabai merah keritung, aduk hingga harum.
  3. Setelah itu masukan perasan air jeruk nipis, lalu tambahkan pula air secukupnya, kemudian tambahkan garam dan juga penyedap rasa.
  4. Setelah itu baru masukan ikan cakalang yang sudah dikukus, lalu masak hingga matang dan bumbunya meresap pada ikan.
  5. Angkat dan siap disajikan.

Demikianlah Resep Masakan Ikan Cakalang Dabu dabu Khas Manado Yang Enak dan Praktis yang bisa anda coba dirumah. Tidak perlu harus jauh pergiu ke Manado bukan untuk mencicipinya? Hidangkan bersama dengan nasi putih hangat, untuk rasa yang pedas tentunya disesuaikan dengan selera makan anda bersama dengan keluarga tercinta. Kelezatan serta kenikmatan pada masakan ikan cakalang dabu-dabuu ini akan membuat anda merasa ketagihan setelah menyantapnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Masakan Ikan Cakalang Dabu dabu Khas Manado Yang Enak dan Praktis kepada semua teman, kerabat serta sudara tercinta anda, dan jangan lupa pula untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons