Resep Masakan Ikan Belanak Goreng Bawang Putih Yang Gurih

Mau mencoba masakan ikan belanak dengan citarasa yang berbeda, dengan cara di goreng dengan balutan bawang putih.

Sajian hidangan ikan memang selalu menjadi menu andalan dan favorit bagi para pecinta kuliner. Bagaimana tidak? Ikan memang memiliki rasa yang lezat kala disantap, baik ikan laut ataupun ikan air tawar sam-sama memiliki keunggulan tersendiri, sehingga untuk mengkonsumsinya sesuaikan dengan selera makan keluarga anda. Namun pernahkah anda mencoba masakan ikan air laut, yaitu ikan belanak. Ikan belanak yang hidupnya di daerah tropis dan juga sub tropis ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan ikan bandeng, dan ikan belanak ini juga hidupnya selalu bergerombol. Meksi ikan belanak tergolong ikan yang unik, ternyata ikan belanak ini sangat cocok diolah dengan cara apapun, dan juga sangat cocok diberi bumbu rempah, sesuai dengan selera masakan anda. Banyak hal yang bisa didapat dari masakan ikan belanak ini, salah satunya ikan belanak asam manis, pepes ikan belanak, ikan belanak acar kuning dll.

Ikan belanak juga sangat layak dikonsumsi, karena ikan ini memiliki kendungan gizi yang baik bagi kesehatan. Selain itu ikan belanak ini juga memiliki kandungan gizi yang baik berpa kandungan protein, omega 3, kalsium, vitamin dll. Nah, bagi anda yang ingin mencoba masakan ikan belanak, kami akan coba hadirkan resep masakan ikan belanak goreng bawang putih yang gurih, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

resep ikan belak goreng bawang putih

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Belanak Goreng Bawang Putih Yang Gurih

4.9 278

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Belanak Goreng Bawang Putih Yang Gurih

Bahan Utama

  • 5 ekor ikan belanak segar
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Perendam

  • 2 butir kemiri, sangria
  • 6 sing bawang putih, di uleg kasar
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • ½ sdm air asam jawa
  • 150 ml air putih
  • 2 sdt garam

Cara membuat Masakan Ikan Belanak Goreng Bawang Putih Yang Gurih

Cara Memasak

  1. Yang peratama dilakukan adalah membersihkan ikan belanak, buang bagian isi perutnya, lalu kerat bagian tubuhnya, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu siapkan ikan belanak pada wadah, kemudian lumuri dengan bahan rendaman, aduk merata agar bumbunya meresap, lalu diamkan sekitar 15 menit.
  3. Setelah itu siapkan wajan lalu beri minyak goreng secukupnya, lalu panaskan dengan api sedang, kemudian goreng ikan belanak hingga kering dan matang.
  4. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Masakan Ikan Belanak Goreng Bawang Putih Yang Gurih yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Untuk ikan belanak sendiri sangat mudah didapatkan karena banyak ditemukan di pasar tradisional dan bahkan di supermarket. Ikan belanak goreng bawang putih ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat dengan ditambah beberapa makanan baik goreng tahu ataupun goreng tempe, dengan ditambah sambal terasi dan juga lalapan serta kerupuk membuat makan sekeluarga menjadi sangat istimewa. Dengan mengetahui resep serta cara membuat ikan belanak goreng bawang putih ini membuat koleksi menu makan harian anda bertambah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Masakan Ikan Belanak Goreng Bawang Putih Yang Gurih pada seluruh keluarga tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons