Resep Masakan dan Cara Membuat Tumis Labu Siam Ebi yang Sedap dan Gurih

Tumis labu siam merupakan menu sederhana yang bisa dijadikan sebagai menu makan siang atau makan malam bersama keluarga tercinta di rumah.

Tumis labu siam atau banyak orang yang menyebutnya dengan jipang memiliki cita rasa yang sudah tidak bisa diragukan, terlebih lagi jika dalam mengolahnya kita menambahkan bahan pelengkap lain seperti ebi. Dengan adanya ebi pastinya hidangan yang satu ini pun akan menjadi lebih spesial.
Perpaduan antara labu siam dan ebi akan menciptakan hidangan yang begitu sedap. Bumbu yang beragam dengan rasa ebi yang sangat khas akan membuat tumisan menjadi terasa gurih. Oleh karena itulah, anda harus mencoba membuat tumis labu siam ebi ini di rumah.

Bahan yang digunakannya mudah sekali ditemukan, proses membuatnya pun sangat sederhana sekali bahkan hampir setiap ibu rumah tangga tahu bagaiman cara membua tumis yang satu ini. Namun untuk lebih jelasnya, maka tidak ada salahnya jika anda menyimak resep dan cara membuat tumis labu siam yang sedap dan gurih seperti yang telah kami sajikan di bawah ini.

Tumis labu siam ebi

Nama Resep

Resep Masakan dan Cara Membuat Tumis Labu Siam Ebi yang Sedap dan Gurih

4.8 190

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Tumis Labu Siam Ebi yang Sedap dan Gurih

Bahan Utama Tumis Labu Siam Ebi

  • 1 buah atau 200 gram labu siam
  • 1 sendok makan ebi
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 50 ml santan encer
  • 50 ml air
  • Minyak goreng untuk menumis

Bumbu Tumis Labu Siam Ebi

  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat/Memasak Tumis Labu Siam Ebi yang Sedap dan Gurih

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Tumis Labu Siam Ebi

  1. Langkah pertama yaitu, kupas terlebih dahulu labu siam yang telah disiapkan. Lalu potong labu siam tersebut membentuk korek api, jika sudah cuci sampai bersih dan tiriskan.
  2. Kemudian, cincang halus bawang merah dan bawang putih.
  3. Tumbuk kasar ebi, lalu potong serong cabai merah keriting.

Cara Membuat/Memasak Tumis Labu Siam Ebi

  1. Apabila bahan dan bumbu telah disiapkan seperti di atas, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu panaskan minyak goreng dalam wajan. Jika sudah panas, masukan bawnag merah dan bawang putih. Tumis keduanya sampai tercium harum.
  2. Setelah harum, masukan cabai merah dan ebi yang telah ditumbuk. Aduk keduanya sampai mereta.
  3. Selanjutnya masukan labu siam yang telah dipotong, aduk kembali sampai merata.
  4. Kemudian tambahkan air yang telah anda siapkan, diamkan beberapa saat hingga air tersebut mendidih. Sambil menunggu air mendidih, maka anda bisa manambahkan bumbu-bumbu seperti garam, gula, merica bubuk dan penyedap rasa. Aduk sampai merata hingga bumbu-bumbu tersebut larut. Untuk menyesuaikan rasa anda bisa mencicipinya.
  5. Langkah terakhir, masukan santan encer dan aduk sampai merata. Biarkan santan tersebut sampai mendidih serta labu menjadi matang. Apabila sudah matang, maka anda bisa angkat lalu kemudian sajikan.

Tumis labu siam ebi ini bisa anda sajikan dalam keadaan hangat di meja makan sebagai menu pelengkap makan siang atau malam.
Itulah resep dan cara membat tumis labu siam ebi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Setelah mengetahui resep ini maka anda bisa membagikannya kepada saudara atau teman-teman yang ada di sekeliling anda dengan cara klik tombol share.

 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons