Resep Masakan dan Cara Membuat Tumis Brokoli Saus Tiram yang Enak, Sehat dan Sederhana

Brokoli adalah sayuran yang sudah tidak asing lagi didengar ditelinga, brokoli ini merupakan sejenis sayur yang hampir mirip dengan kembang kol, namun yan membedakan sayur yang satu ini berwarna hijau, sedangkan kembang kol berwarna putih.

Brokoli bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Mulai dari hidangan berkuah ataupun di tumis. Dan apapun hidangan itu akan menghasilkan hidangan yang bercita rasa enak serta sehat. Nah, dari banyaknya hidangan berbahan dasar brokoli ada salah satu hidangan yang mampu menggugah selera makan anda, dimana hidangan yang dimaksud yaitu tumis brokoli saus tiram.

Tumis brokoli suas tiram ini tidak akan kalah enak dengan hidangan brokoli yang lainnya. Bumbu dan rempah yang digunakan akan berpadu menjadi satu dan menghasilkan hidangan yang begitu spesial. Terlebih lagi jika anda menyantapnya bersama keluarga tercinta di rumah pastinya keistimewaan akan begitu terasa.

Mengingat rasa dari hidangan ini begitu enak serta kandungannya bermanfaat untuk tubuh, oleh sebab itu wajib bagi anda untuk membuat dan menghidangkannya di meja makan. Proses membuat tumis brokoli suas tiram ini tergolong cukup sederhana sehingga anda tidak akan kesusahan ketika berada di dapur. Nah, di bawah ini kami sajikan resep dan cara membuat tumis brokoli saus tiram yang enak, sehat dan sederhana khusus untuk anda.

Resep tumis brokoli saus tiram1

Nama Resep

Resep Masakan dan Cara Membuat Tumis Brokoli Saus Tiram yang Enak, Sehat dan Sederhana

4.6 135

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan Untuk Membuat Tumis Brokoli Saus Tiram yang Enak, Sehat dan Sederhana

Bahan Utama Tumis Brokoli Saus Tiram

  • 300 gram brokoli
  • 100 gram jamur shitake segar
  • 2 buah cumi
  • 150 ml air
  • 1 sendok teh maizena dan 1 sendok teh air
  • 1 sendok makan minyak

Bumbu Tumis Brokoli Saus Tiram

  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Tumis Brokoli Saus Tiram yang Enak, Sehat dan Sederhana

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Tumis Brokoli saus Tiram

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu petik perkuntum brokoli yang telah anda siapkan. Lalu rebus brokoli tersebut sampai matang. Setelah itu tiriskan.
  2. Bersihkan cumi dan belah melebar. Lalu kerat-kerat dan potong-potong.
  3. Potong jamur shitake menjadi 4 bagian.
  4. Cincang kasar bawnag putih dan iris memanjang bawang bombay.
  5. Larutkan tepung maizena dengan menggunakan 1 sendok teh air.

Cara Membuat/Memasak Tumis Brokoli Saus Tiram yang Enak, Sehat dan Sederhana

  1. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu panaskan minyak. Lalu tumis bawang putih dan bawang bombai sampai tercium harum. Kemudian masukan cumi dan masak hingga cumi berubah warna.
  2. Kemudian, tambahkan jamur. Aduk sampai merata. Masukan saus tiram, merica bubuk, garam, gula pasir. Lalu aduk kembali sampai merata.
  3. Setelah itu masukan brokoli dan aduk sampai setangah layu.
  4. Selanjutnya tuangkan air. Masak sampai matang dan kentalkan dengan menggunakan larutan meizena. Aduk sampai merata dan saus sampai mengental. Setelah itu angkat dan sajikan.

Itulah resep dan cara membuat tumis brokoli saus tiram yang enak, sehat dan sederhana. Sajikan hidangan ini dalam keaaan hangat dengan ditemani nasi hangat pula. Semoga resep dari kami ini bisa menjadi referensi untuk anda dalam memilih menu untuk makan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan resep ini kepada teman dan orang-orang terdekat anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons