Resep Masakan dan Cara Membuat Pepes Ikan Mas Bumbu Ulek yang Enak dan Sedap

Ibu dan keluarga, sudah pernahkah anda mencicipi lezat dan enaknya pepes ikan mas bumbu ulek?

Jika belum, maka hidangan yang satu ini patut sekali untuk dicoba. Nah, agar bisa menghidangkan sajian pepes ikan mas bumbu ulek yang enak dan sedap, simak resepnya berikut ini.

pepes ikan mas bumbu ulek

Nama Resep

Resep Masakan dan Cara Membuat Pepes Ikan Mas Bumbu Ulek yang Enak dan Sedap

4.7 76

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Pepes Ikan Mas Bumbu Ulek yang Enak dan Sedap

Bahan-Bahan Utama Pepes Ikan Mas:

  • 500 gram ikan mas, dibersihkan
  • 1 ikat daun kemangi
  • 2 sdm minyak goreng
  • 3 cm lengkuas, iris
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, iris
  • Daun pisang secukupnya

Bumbu Pepes Ikan yang Diulek:

  • 3 buah cabai merah
  • 3 cm kunyit
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 10 siung bawang merah
  • 1 sdm garam

Cara Membuat Pepes Ikan Mas Bumbu Ulek yang Enak dan Sedap

Cara Membersihkan Ikan Sebelum Dimasak:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan membersihkan ikan mas dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Setelah dibersihkan, sekarang kita buang juga sisik ikan mas dengan bersih. Untuk membersihkan sisik ikan bisa dilakukan dengan menggunakan sendok atau menggunakan pisau, lalu bersihkan dengan merata hingga sisik benar-benar dibuang dari kulit ikan.
  2. Selesai membersihkan sisik ikan, sekarang lanjutkan dengan membersihkan insang dikepala ikan dengan menggunakan tangan dan buang insangnya.
  3. Kemudian bersihkan isi perut ikan dengan cara membelah perut ikan dibagian bawang dan keluarkan isinya lalu bersihkan kotoran dan noda hitam yang ada didalam perut ikan. Hanya saja, hati-hati dengan empedu ikan sewaktu mengeluarkan isi perut ikan, jangan sampai empedu ikan pecah didalam yang akan membuat ikan menjadi pahit sewaktu disantap.
  4. Selesai mengeluarkan isi perut ikan, sekarang angkat ikan dari cucian dan berikan lumuran jeruk nipi dan taburan garam secara merata hingga kedalam perut ikan sampai ke kepalanya.
  5. Lalu diamkan sementara sebelum kita buat bumbu pepesnya selama kurang lebih 15 menit.

Cara Membuat Pepes Ikan Mas Bumbu Ulek:

  1. Setelah didiamkan selama kurang lebih waktu yang dianjurkan, sekarang angkat ikan dan basuh dengan semangkuk air untuk memberishkan dan membuang kelebihan garam pada daging ikan.
  2. Setelah itu, kita berikan bumbu ulekan pada ikan secara merata dan kita lumuri pada bagian perut ikan. Berikan pula olesan minyak goreng pada ikan secara merata dan pastikan jika bumbu ulek bercampur merata dengan minyak goreng.
  3. Selesai memberikan lumuran bumbu, sekarang kita ambil selembar daun pisang yang telah disobek dengan ukuran yang cukup dengan badan ikan. Lalu tempatkan ikan diatas daun pisang dan taburkan kemangi bersama dengan lengkuas, serai dan daun salam diatasnya.
  4. Setelah itu, bungkus ikan dengan rapih dan sematkan lidi dimasing-masing bagian ujung daun pisang untuk mengunci bungkusan agar ketika dimasak tidak terbuka dan berantakan keluar.
  5. Setelah itu, siapkan kukusan dan kukus pepes ikan bumbu ulek ini kedalamnya, allu tutup dan masak selama kurang lebih 2-3 jam agar pepes ikan bisa lunak hingga ke tulang-tulang secara merata.

Setelah matang, silahkan angkat dan sajikan kedalam piring saji. Sebenarnya jika anda ingin proses pengukusan lebih singkat, anda bisa menggunakan panci berteknan atau yang lebih dikenal dengan sebutan presto. jika anda mengguankan panci jenis ini, proses memasak bisa dipersingkat selama kurang lebih 1 jam. Demikian resep dan cara membuat sajian pepes ikan mas bumbu ulek yang enak dan sedap.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama teman dan sahabat dan brikan pula kometar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons