Resep Masakan dan Cara Membuat Pepes Gadon Daging Sapi yang Enak dan Empuk

Pepes gadon daging sapi merupakan salah satu sajian nusantara yang memiliki cita rasa nikmat yang begitu lezat.

Hidangan ini dibuat dari bahan dasar daging sapi cincang atau giling yang kemudian dipadu dengan bahan lain seperti telur, santan dan bumbu rempah yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Selain nikmat, sajian ini juga bisa dipraktikan dirumah dengan mudah, seperti apa sih resep membuat pepes gadon daging sapi? Inilah dia resepnya.

pepes gadon

Nama Resep

Resep Masakan dan Cara Membuat Pepes Gadon Daging Sapi yang Enak dan Empuk

Review

4.8 review 123

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Bungkus

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Pepes Gadon  Daging Sapi yang Enak dan Empuk

Bahan Utama Membuat Pepes Gadon Daging Sapi:

  • 200 gram daging
  • 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 butir telur ayam
  • 5 lembar daun salam
  • 10 buah cabai rawit merah
  • daun pisang untuk membungkus

Bumbu Pepes Gadon Daging Sapi yang Dihaluskan:

  • 5 butir bawang merah
  • 1/4 sendok teh jintan
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1/2 sendok teh gula merah

Cara Membuat Pepes Gadon  Daging Sapi yang Enak dan Empuk

Cara Mengolah Daging Sebelum Diberikan Bumbu:

  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengawali langkah pada resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu mencuci bersih daging sapi yang sudah anda persiapkan dengan menggunakan air bersih dan pastikan jika kotoran yang ada pada daging bisa dibersihkan dengan keseluruhan. Mencuci daging sebelum dimasak dan dibumbui menjadi hal yang amat penting dalam memasak, tak terkecuali pada semua bahan lain yang anda gunakan, hal ini difungsikan untuk menghilangkan bakteri dan kuman berbahaya yang berada pada daging.
  2. Setelah selesai dicuci, sekarang haluskan daging atau giling daging dengan menggunakan mesin penggiling atau food processor hingga tekstur daging menjadi lebih halus dan lebih lembut.
  3. Setelah selesai dihaluskan, masukkan daging kedalam wadah dengan ukuran cukup sedang untuk selanjutnya akan kita bumbui dan campur dengan bahan lainnya.

Cara Membuat Pepes Gadon Daging Sapi:

  1. Masukkan bumbu yang dihaluskan pada wadah daging giling bersamaan dengan telur dan santan. Aduk-aduk dengan menggunakan sendok lidah atau sendok biasa hingga semua bahan tercampur merata secara keseluruhan.
  2. Selesai diaduk-aduk, silahkan tambahkan cabai rawit merah kedalamnya dan kembali aduk-aduk hingga merata.
  3. Sekarang silahkan potong-potong daun pisang dengan ukuran yang sedang dan bersihkan bagian dalam daun pisang dengan warna hijau yang lebih pudar dengan menggunakan lap hingga bersih.
  4. Setelah bersih, baru silahkan masukkan adonan daging yang tadi dibuat dan bungkus dengan bentuk tum. Lalu sematkan lidi dibagian atasnya untuk mencegah adonan terbuka dan berantakan sewaktu di kukus nantinya.
  5. Siapkan panci berikan sedikit air dan tutupi bagian atasnya dengan sarangan, kemudian tempatkan pepes gadon diatasnya dan tutupi dengan tutup panci bagian ats mulut panci dan kukus selama kurang lebih 20 menit hingga pepes gadon matang secara merata.

Apabila kukusan telah matang, sekarang matikan kompor dan angkat kukusan, tunggu hingga pepes menjadi lebih hangat baru setelah itu anda akan siap untuk menghidangkan kelezatan sajian pepes gadon daging sapi yang nikmat bersama dengan keluarga.

Demikian resep dan cara membuat pepes gadon daging sapi yang lezat, semoga resep kali ini bisa ibu aplikasikan dirumah dengan mudah dan sederhana seperti yang kami buat diatas.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Resep Daging Trending

resep semur daging Resep Daging Sapi Special
Resep Soto Daging Resep Soto Daging Sapi Bening Enak dan Spesial
 Resep Rendang Daging  Aneka Resep Rendang Sapi Mudah dan Lezat
 Resep Semur Daging Resep Semur Daging Sapi Pedas nan Spesial
 Resep Bola-Bola Daging Resep Bola-Bola Daging Cincang Mudah dan Praktis