Resep Masakan dan Cara Membuat Kebab Chellow yang Nikmat Sajian Spesial nan Lezat

Secara umum kebab dikenal oleh kebanyakan orang berasal dari Timur Tengah karena nuansa dan bumbu yang digunakan.

Salahsatu negara yang juga turut menjadikan menu kebab ini sebagai sajian nasionalnya adalah Iran. Irang dikenal memiliki sebuah sajian kebab yang cukup khas yang bernama kebab chellow. Kebab chellow sendiri memiliki keunikan yang terletak pada penyajiannya yang akan anda temukan tersaji atau terhidang bersama nasi brasmati berwarna kuning karena tambahan bumbu saffron.

Berikut ini adalah resep dan cara membuat kebab chellow yang bisa anda simak dan aplikasiakan di sapur masing-masing nanti. Selamat menyimak resepnya dan semoga berhasil.

17 kebab cello

Nama Resep

Resep Masakan dan Cara Membuat Kebab Chellow yang Nikmat Sajian Spesial nan Lezat
4.7 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kebab Chellow yang Nikmat Sajian Spesial nan Lezat

Bahan Utama Kebab Chellow

  • 675 gram daging kambing giling
  • 3 buah bawang Bombay, parut
  • ½ sendok teh saffron bubuk untuk membuat makanan anda berwarna kuning, namun jika kesulitan mencari anda bisa menggunakan kunyit
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica hitam butiran, kemudian memarkan
  • 2 butir telur ayam ambil kuningnya
  • 1 buah tomat merah, potong menjadi 4 bagian
  • 1/8 sendok teh cumak untuk taburan. Anda bisa mendapatkannya di swalayan

Bahan Nasi Chellow

  • 450 gram beras jenis basmati, yang sudah direndam terlebih dahulu kurang lebih 2 jam
  • 1 sendok teh garam
  • Air secukupnya untuk merebus
  • 50 gram mentega

Cara dan Langkah Untuk Membuat Kebab Chellow yang Nikmat Sajian Spesial nan Lezat

Cara Membuat Kebab

  1. Siapkan sebuah wadah kemudian anda campurkan bahan daging kambing yang sudah digiling bersama dengan bawang bombay. Aduk hingga semua bahan merata dan diamkan kurang lebih 3 jam.
  2. Jangan lupa untuk menambahkan garam, merica yang sudah dimemarkan, bubuk saffron serta kuning telur, dan lanjutkan mengaduk kembali hingga tercampur merata.
  3. Siapkan tusukan sate atau tusukan besai dan bentuk adonan yang anda telah buat hingga berbentuk silinder berukuran sedang kira-kira panjang 6 cm dengan diameter 2 cm.
  4. Setelah semua bahan dibuat bentuk tersebut dalam tusukan kemudian lanjutkan untuk memanggang di atas bara api hingga matang dan harum. Setelah itu kemudian anda angkat. Dan letakan dalam piring saji.

Cara Membuat Nasi Chellow

  1. Setelah direndam anda bisa lanjut merebus beras tersebut dalam air yang telah diberi garam. Rebus beras hingga air yang ada terserap habis dan beras setengah matang.
  2. Ketika setengah matang tersebut anda masukkan mentega ke dalam nasi , kemudian lanjutkan mengaduk hingga rata, angkat.
  3. Lanjutkan mengolah nasi anda dengan mengukus menggunakan api kecil hingga nasi matang. Setelah matang kemudian anda bisa mengangkatnya.
  4. Sajikan nasi chelo anda beserta dengan kebab daging kambing yang telah diolah. Berikan sentuhan tomat dan taburan sumac untuk menambah nikmat masakan anda.

Demikian tadi cara membuat kebab chellow yang merupakan salahsatu resep authentic atau asli dari kebab. Anda bisa mencobanya di rumah dan menyajikannya sebagai sebuah menu baru yang bercitarasa lezat dan menggugah selera makan keluarga dan orang-orang terdekat anda.

Tekan tombol share di bagain bawah ini untuk membagikan artikel resep ini kepada teman dan sahabat anda di media sosial. Anda bisa turut menyumbangkan pendapat mengenai resep dan cara pembuatannya dengan berkomentar pada kolom yang telah tersedia.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons