Resep Masakan dan Cara Membuat Ikan Cucut Kukus Praktis Bumbu Sederhana

Membuat masakan yang sederhana namun tetap memiliki kelezatan kami akan coba hadirkan ikan cucut kukus.

Ikan cucut salah satu ikan yang banyak diminatioleh banyak kalangan. Selain rasanya yang lezat dan gurih, ikan cucut ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan bumbu yang sederhana adalah ciri khas masakan ini namun tetap menampilkan citarasa yang mengoda selera makan anda. Dengan dikukus kandungan gizi yang ada pada ikan cucut ini tentunya sangat baik, seperti kita ketahui dalam ikan cucut terdapat kandungan protein yang sangat tinggi serta kandungan omega 3, selain itu juga ada banyak kandungan lainnya yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk anda penggemar ikan cucut ada baiknya mencoba varian masakan yang berbeda, dengan cara dikukus tentunya akan menjaga kelezatan yang ada pada daging ikan cucut tersebut. Tanpa berbasa-basi baiklah akan kami hadirkan Resep Masakan dan Cara Membuat Ikan Cucut Kukus Praktis Bumbu Sederhana, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

masakan ikan cucut kukus

Nama Resep

Resep Masakan dan Cara Membuat Ikan Cucut Kukus Praktis Bumbu Sederhana

4.9 199

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Cucut Kukus Praktis Bumbu Sederhana

Bahan dan Bumbu

  • 4 ekor ikan cucut segar
  • 1 buah jeruk nipis (ambil airnya)
  • 1 batang daun bawang, diiris serong
  • 1 buah tomat merah, diiris-iris
  • 2 cm jahe, diiris tipis
  • 4 buah bawang merah, diiris tipis
  • 2 siung bawang putih, diiris tipis
  • 5 buah cabai rawit merah, diiris-iris
  • petai secukupnya
  • garam secukupnya
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap
  • gula pasir secukupnya
  • minyak zaitun secukupnya

Cara Membuat Ikan Cucut Kukus Praktis Bumbu Sederhana

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah mencuci ikan cucut, kemudian bersihkan, lalu buang bagian isi pereutnya serta buang sisiknya, setelah itu lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan juga garam.
  2. Selanjutnya siapkan wadah beruypa dandang, kemudian panaskan dan pastikan dandang berisi air, tunggu hingga mendidih.
  3. Selanjutnya simpan ikan cucut pada wadah yang tahan panas, kemudian dibalur dengan bahan berupa garam, kecap, gula, lalu saus tiram serta minyak zaitun dan pastikan merata pada seluruh bagian ikan.
  4. Selanjutnya balurkan bahan yang sudah diiris pada ikan cucut hingga merata, berupa bawang merah, lalu bawang putih, cabe rawit, jahe, lalu daun bawang, tomat serta petai.
  5. Setelah itu masukan wadah yang tahan panas berupa ikan cucut yang sudah dibumbui pada dandang, kemudian kukus sekitar 10 menit. Pastikan ikan matang dengan cara mencungkjil bagian daging ikan cucut.
  6. Apabila dagingnya empuk, ikan cucut sudah matang.
  7. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep Masakan dan Cara Membuat Ikan Cucut Kukus Praktis Bumbu Sederhana yang bisa anda buat dirumah. Sederhana dalam cara pengolahannya, ditambah dengan bahan yang mudah ditemukan tentunya bisa anda aplikasikan di setiap menu makan harian anda. Sajikan ikan cucut kukus ini bersama dengan nasi putih hangat kemudian ditambah dengan makanan lainnyab baik berupa mendoan tempe ataupun tahu goreng, membuat makan anda semakin berselera. Penting bagi anda dengan mengetahui masakan ikan cucut kukus ini tentunya akan menambah koleksi dalam menu makan harian anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa bagikan ya Resep Masakan dan Cara Membuat Ikan Cucut Kukus Praktis Bumbu Sederhana pada teman, keluarga anda dimanapun berada, dan jangan lupa beri komentar dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons