Resep Masakan dan Cara Membuat Belut Goreng Tepung Crispy Yang Renyah dan Pedas

Belut salah satu jenis ikan yang hidupnya di lumpur yang memiliki rasa yang gurih dan lezat kala dimasak.

Belut banyak kita temuykan disekitar kita, dan biasanya ada di sawah ataupun kolam, dan bahkan belut ini jenis ikan yang dibudidayakan karena banyak masyarakat yang mengkonsumsinya. Selain itu juga belut ini memiliki banyak manfaat yang baik bagfi kesehatan, yaitu memiliki kandungan protein yang alami yang baik tentunya bagi pertumbuhan dan perkembangan serta mampu memncerdaskan otak anak. Namun ada beberapa orang yang disayangkan bahwa belut ini merupakan hewan yang jijik, karena bentuk yang menyerupai ular serta kalau dipegang sangat licin sekali. Namun sebetulnya belut ini selain protein tadi, ada beberapa kandungan lainnya seperti kandungan omega 3, kalsium, vitamin dll.

Berbicara tentang aneka masakan belut tentunya sangat banyak sekali ragamnya, mulai dari pengolahan seperti di pepes, kemudian di buat sup, lalu digoreng. Kali ini kami akan menghadirkan masakan belut goreng crispy, dimana masakan ini memiliki rasa yang renyah dan gurih. Masakan belut goreng cripy ini sangat cocok dihidangkan pada anak, karena biasanya anak sangat menykai masakan yang dibalut dengan terigu dan dibuat seperti crispy ini. Nah, bagi anda yang gemar dengan masakan belut kini kami hadirkan Resep Masakan dan Cara Membuat Belut Goreng Tepung Crispy Yang Renyah dan Pedas, berikut dibawah ini langkah-langkahnya.

resep belut goreng tepung crispy

Nama Resep

Resep Masakan dan Cara Membuat Belut Goreng Tepung Crispy Yang Renyah dan Pedas

4.8 221

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Belut Goreng Tepung Crispy Yang Renyah dan Pedas

Bahan

  • 500 gram belut
  • 1 buah jeruk nipis
  • 250 gram tepung crispy
  • 1 buah telur ayam, kocok lepas
  • 150 ml air putih
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Untuk Sambal

  • 1 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 2 buah cabai merah
  • 1 buah tomat ukuran kecil
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula merah

Cara Membuat Belut Goreng Tepung Crispy Yang Renyah dan Pedas

Cara Memasak

  1. Yang pertama tentunya belut terlebih dahulu di bersihkan, buang bagian isi perutnya, setelah bersih lumuri dengan air jeruk nipis, lalu diamkan sekitar 15 menit.
  2. Setelah itu siapkan wadah, lalu tuang air kemudian masukan tepung crispy sekitar 100 gram, alu aduk hingga merata dan kental, sisihkan
  3. Setelah itu sisa tepung simpan pada wadah berupa piring
  4. Selanjutnya adalah belut di celupkan pada telur yang sudah dikocok lepas, kemudian masukan pada adonan tepung, setelah itu gulingkan pada tepung yang ada di piring, lakukan hal yang sama hingga belut habis.
  5. Setelah itu baru panaskan minyak goreng, kemudian masak belut hingga kering dan warnanya kekuning-kuningan. Angkat. lalu sisihkan
  6. Setelah itu membuat sambalnya, untuk bahannya semua di goreng terlebih dahulu, setelah itu tumbuk kasar menggunakan ulekan
  7. Belut crispy siap disajikan bersama dengan sambalnya.

Itulah dia Resep Masakan dan Cara Membuat Belut Goreng Tepung Crispy Yang Renyah dan Pedas yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan tentunya membuat anda tidak kesulitan dalam membuatnya. Kelezezatan belut crispy ini tentunya akan menggugah selera makan anda, dengan disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan juga sambal. Mantap dan lezat, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Masakan dan Cara Membuat Belut Goreng Tepung Crispy Yang Renyah dan Pedas, pada saudara serta kerabat anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons