Resep Masakan dan Cara Memasak Sayur Sop Daging Sapi Beserta Sayuran Segar yang Sederhana dan Praktis

Bagi masyarakat Indonesia, daging sapi adalah bahan dasar makanan yang terbilang cukup spesial dibandingkan dengan bahan makanan lainnya.

Rasanya yang begitu nikmat serta teksturnya yang halus mampu membuat daging yang satu ini menyandang predikat tersebut. Bukan hanya unggul dalam rasa saja, tetapi daging yang satu ini pun unggul dalam kadungan gizinya. Dimana kandungan gizi dalam daging sapi ini sangat bermanfaat untuk kesahatan tubuh kita. Nah, salah satu olahan yang paling banyak digemari dari bahan makanan ini yaitu sop daging sapi bening.

Olahan sop daging sapi bening ini memiliki banyak sekali penggemar. Karena citra rasanya yang begitu nikmat ketika disantap serta kuah bening gurih yang melengkapinya mampu membuat sup yang satu ini memiliki ruang tersendiri di hati para penggemarnya. Bahkan sup yang satu ini menjadi menu unggulan di warung nasi ataupun restoran mewah.

Nah, melihat rasanya yang begitu nikmat serta kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba menghidangkan sup daging sapi ini di rumah untuk keluarga tercinta.

Untuk mendapatkan sup yang satu ini anda sebenarnya bisa membelinya, namun jika ingin lebih menghemat dan mendapatkan sup yang satu dalam jumlah yang banyak maka sebaiknya anda membuatnya sendiri. Cara memasaknya pun sangatlah sederhana dan praktis sehingga anda tidak akan kesulitan ketika mengaplikasikannya di dapur. Nah, lantas apa saja bahan yang dibutuhkan serta bagaimana cara memasak sayur sop daging sapi bening ini? Untuk lebih jelasnya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

resep sop daging sapi

Nama Resep

Resep Masakan dan Cara Memasak Sayur Sop Daging Sapi Bening Sederhana dan Praktis

4.8 123

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan Untuk Membuat Sayur Sop Daging Sapi Bening Sederhana dan Praktis

Bahan Utama Sayur Sop Daging Sapi Bening

  • 500 gram daging sapi
  • 150 gram kentang
  • 150 gram wortel
  • 1 buah tomat
  • 2 utas daun bawang
  • 3 utas seledri
  • 2,5 l air
  • Bumbu Sayur Sop Daging Sapi Bening
  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt biji lada

Bumbu Pelengkap Sayur Sop Daging Sapi Bening

  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 3 ruas kayu manis
  • 3 butir cengkeh
  • 2 buah kapulaga
  • 2 buah pekak
  • Gula pasir dan garam secukupnya

Cara Memasak Sayur Sop Daging Sapi Bening Sederhana dan Praktis

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Sop Daging Sapi Bening

  1. Pertama-tama yaitu, potong daging sapi yang telah disiapkan dengan ukuran sesuai dengan selera.
  2. Kupas kentang dan potong dengan bentuk dadu.
  3. Kupas wortel potong melintang dengan ketebalan kurang lebih 1 cm.
  4. Potong panjang tomat yang telah disiapkan dan iris daun bawang dengan ukuran kurang lebih 1 cm. Lalu, iris halus seledri.
  5. Haluskan bumbu yang telah disiapkan seperti bawang merah, bawang putih, dan biji lada.
  6. Potong kayu manis yang telah disiapkan menjadi dua bagian.

Cara Memasak Sop Daging Sapi Bening

  1. Langkah yang pertama yaitu, rebus terlebih dahulu daging sapi dengan menggunaka air yang telah disiapkan sebanyak 2,5 l hingga daging sapi empuk. Setelah matang, angkat daging tersebut dan saring air kaldunya sebanyak 1,8 l.
  2. Setelah itu, panaskan margarin atau mentega hingga meleleh. Tumis bumbu yang telah dihaluskan. Masukan kayu manis, pala bubuk, pekak, kapulaga dan cengkeh hingga tercium harumnya.
  3. Selanjutnya, masukan tumisan bumbu tersebut ke dalam panci air kaldu. Tambahkan gula pasir, garam dan daging sapi yang telah direbus tadi. Aduk hingga merata dan masak hingga mendidih.
  4. Kemudian, tambahkan wortel, kentang, tomat, daun bawang dan seledri. Aduk kembali hingga merata dan tercampur sempurna. Tunggu semua bahan hingga matang.

Itulah resep dan cara membuat sayur sop daging sapi bening yang sederhana dan praktis. Anda bisa menambahkan sayuran lain sesuai dengan selera. Dan agar lebih nikmat anda bisa menyajikan sayur sop ini dalam keadaan hangat dengan ditambahkan bahan pelengkap seperti bawang goreng. Di bawah ini akan kami sajikan video sebagai gambaran cara membuat sayur sop daging sapi.

Berikut Video yang Bisa Anda Saksikan

Selamat mencoba dan jangan lupa share resep ini agar orang-orang terdekat anda pun tahu resep sop daging sapi bening yang nikmat ini.

Loading...

3 Comments

  1. Joseph R 31 Maret 2019
  2. Nisyah 10 Mei 2019
  3. Arief Witjaksono 5 Agustus 2020

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons