Resep Masakan dan Cara Memasak Sayur Asam/Asem Kangkung Jawa Timur yang Sederhana Nan Enak

Sayur asem kangkung khas Jawa Timur pada dasarnya memang sudah cukup terkenal, bukan hanya di daerahnya saja melainkan di luar daerah pun banyak yang meminati sayur yang satu ini.

Sayur asem kangkung khas Jawa Timur ini memiliki rasa yang segar nan enak serta sedikit masam, dimana rasa asam tersebut berasal dari asam khas yang digunakan.

Hampir seluruh daerah Indonesia mengenal sayur asem, namun setiap daerah memiliki bumbu atau variasi yang berbeda, seperti halnya sayur asem kangkung khas Jawa Timur ini. Sayur asem yang dimasak oleh masyarakat Jawa Timur pada umumnya memang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri dengan ditambah berbagai macam variasi sayuran yang bisa dimanfaatkan.

Sayur asem kangkung khas Jawa Timur ini memang sangat cocok sekali disajikan ketika siang hari, terlebih lagi jika disantap bersama dengan ikan goreng atau ikan pindang asin, tempe goreng maupun tahu goreng. Tidak lupa pula dengan tambahan sambal terasi bisa menjadi pelengkap yang sangat sempurna untuk menu yang satu ini.

Sama halnya dengan sayur asem pada umumnya, proses membuat sayur yang satu ini pun cukup sederhana. Bahan dan bumbu yang dibutuhkannya mudah untuk didapatkan dan pastinya dengan harga yang relatif murah. Nah, anda ingin mencoba membuat resep sayur asemyang satu ini di rumah? Di bawah ini akan kami sajikan resep dan cara membuat sayur asam/asem kangkung khas Jawa Timur yang sederhana nan enak. Untuk lebih jelasnya sebaiknya langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Resep sayur asem kangkung jawa timur

Nama Resep

Resep Masakan dan Cara Memasak Sayur Asam/Asem Kangkung Jawa Timur yang Sederhana Nan Enak

4.6 113

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan Untuk Memasak Sayur Asam/Asem Kangkung Jawa Timur yang Sederhana Nan Enak

Bahan Utama Sayur Asam/Asem Kangkung Jawa Timur

  • 1 ikat kangkung
  • 1 buah timun
  • 1 ikat kacang panjang
  • 100 gram kecambah
  • 750 air

Bumbu Sayur Asam/Asem Kangkung Jawa Timur

  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah bawang merah
  • 1 ruas lengkuas
  • 1/2 sendok teh asam Jawa
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Memasak Sayur Asam/Asem Kangkung Jawa Timur yang Sederhana Nan Enak

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Asam/Asem Kangkung Jawa Timur

  1. Langkah pertama yang harus dilakuan yaitu, cuci bersih kangkung yang telah anda siapkan. Lalu buang gagangnya.
  2. Kemudian potong kacang panjang dengan ukuran kurang lebih 3-4 cm.
  3. Iris timun dan cuci kecambah sampai bersih.
  4. Iris halus bawang putih dan bawang merah, lalu geprek lengkuas.

Cara Memasak Sayur Asam/Asem Kangkung Jawa Timur

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu, tumis semua bumbu yang telah disiapkan hingga tecium harumnya.
  2. Setelah tercium harum masukan air yang telah disiapkan. Aduk sampai merata dan masukan kangkung, timun, kacang panjang serta kecambah. Masak semua bahan hingga melunak dan air mendidih.
  3. Jika sayuran telah melunak, masukan asem jawa, garam dan juga gula. Aduk sampai merata dan masak kembali hingga semua bahan benar-benar matang.

Itulah resep masakan dan cara memasak sayur kangkung Jawa Timur yan sederhana nan enak. Sayur asem yang satu ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat. Semoga resep ini bisa menambah koleksi menu sayur anda. Selamat mencoba dan selamat mencicipi. Jangan lupa untuk membagikan resep sayur asem ini kepada teman dan saudara terdekat anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons