Resep Masakan dan Aneka Bumbu Sayur Oyong Bening yang Enak serta Cara Membuat yang Sederhana

Ingin menyajikan hidangan yang sehat dan bergizi untuk keluarga tercinta di rumah?

Jika seperti itu maka sekarang ini anda jangan merasa bingung lagi, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan resep sayur oyong bening untuk anda semua.

Oyong atau sering disebut dengan gambas merupakan sayuran yang memiliki banyak kandungan dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Oyong bisa diolah menjadi berbagai macam olahan masakan dimana salah satunya dengan cara disayur. Sayur oyong bening ini selain sehat tentunya memiliki cita rasa yang enak dengan kuah gurih yang melengkapinya. Dimana sayur yang satu ini pun sangat cocok menjadi teman makan si kecil.

Proses membuat sayur oyong ini sangat mudah dan simple, bahkan bahan dan bumbu yang dibutuhkannya pun mudah sekali anda dapatkan. Nah, jika anda ingin membuat sayur oyong bening ini di rumah, maka anda bisa simak langsung resep dan cara membuatnya di bawah ini.

 Resep sayur oyong bening

Nama Resep

Resep Masakan dan Aneka Bumbu Sayur Oyong Bening yang Enak serta Cara Membuat yang Sederhana

4.8 210

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Orang

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Sayur Oyong Bening yang Enak

Bahan Utama Sayur Oyong Bening

  • 200 gram oyong
  • 100 gram wortel
  • 1 buah telur
  • 1 batang daun bawang
  • 1 buah jagung
  • 1.500 ml air

Bumbu Sayur Oyong Bening

  • 8 butir bawang merah
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 buah tomat
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk

Cara Membuat Sayur Oyong Bening yang Enak

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Oyong Bening

  1. Langkah pertama yaitu, ambil oyong yang telah anda siapkan. Lalu bersihkan oyong tersebut. Jika sudah, potong melingkar.
  2. Selanjutnya, kupas wortel. Lalu potong serong.
  3. Potong melingkar jagung dengan ketebalan sesuai selera.
  4. Iris tipis bawang merah.
  5. Ambil telur yang telah anda siapkan. Lalu manfaatkan putihnya. Kocok putih telur tersebut sampai lepas.
  6. Potong-potong daun bawang.

Cara Membuat Sayur Oyong Bening

  1. Langkah pertama, ambil panci atau alat untuk memasak lainya. Masukan air dengan takaran seperti yang telah ditentukan di atas.
  2. Setelah itu, rebus air. Lalu masukan bawang merah yang telah diiris beserta bahan-bahan lainnya seperto oyong, wortel, dan jagung. Masak semua bahan sampai layu dan air mendidih.
  3. Selanjutnya, tambahkan bumbu-bumbu seperti misalkan gula pasir, garam, dan kaldu ayam bubuk. Aduk merata sampai bumbu larut.
  4. Kemudian, masukan putih telur yang telah dikocok. Aduk-aduk sampai berserabut.
  5. Tambahkan daun bawang yang telah dipotong tadi. Aduk merata, lalu masak kembali hingga semua bahan tersebut benar-benar matang. Jika telah matang, anda bisa langsung mengangkat dan menyajikannya pada wadah atau mangkuk saji yang telah disiapkan.

Sayur bening oyong sudah siap disantap. Anda bisa menyantap sayur yang satu ini dalam keadaan panas dengan sepiring nasi hangat. Tidak hanya itu, ketika menyantapnya anda bisa menambahkan makanan atau lauk pelengkap lainnya sesuai dengan keinginan.

Itulah resep dan cara membuat sayur oyong bening. Sangat simple dan mudah bukan? Semoga resep ini bermanfaat dan pengetahuan resep masakan anda semakin bertambah. Di bawah ini kami sajikan video gambaran cara membuat sayur oyong bening.

Selamat mencoba dan jagan lupa untuk membagikan resep ini kepada saudara, sahabat, dan teman-teman anda yang lainnya. Tambahkan pula komentar atau pendapat anda pada kolom di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons