Resep Masakan Cobek Ikan Mas Bakar Sunda yang Enak, Spesial Namun Sederhana dan Juga Lezat

Cobek ikan mas bakar adalah salah satu hidangan lezat yang begitu nikmat.

Hidangan ini cocok sekali dijadikan sajian hidangan istimewa untuk keluarga tercinta dirumah. Yuk, kita simak resep berikut ini untuk bisa menyajikan cobek ikan mas bakar sunda yang enak dan special.

resep ikan mas bakar cobek

Nama Resep

Resep Masakan Cobek Ikan Mas Bakar Sunda yang Enak, Spesial Namun Sederhana dan Juga Lezat

4.8 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Cobek Ikan Mas Bakar Sunda yang Enak, Spesial Namun Sederhana dan Juga Lezat

Bahan Cobek Ikan Mas Bakar:

  • 3 ekor ikan mas
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 sdt air asam jawa
  • 125 cc santan kelapa

Bahan dan Bumbu Cobek Ikan Bakar yang Dihaluskan:

  • 10 buah cabe merah
  • 6 siung bawang putih, bakar
  • 1 cm jahe, bakar
  • 6 buah kemiri, goreng
  • 1 sdm gula merah
  • 1 cm kencur, bakar
  • 6 siung bawang merah, bakar
  • 6 buah cabe merah
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Masakan Cobek Ikan Mas Bakar Sunda yang Enak, Spesial Namun Sederhana dan Juga Lezat

Cara Mengolah Ikan Mas Sebelum Dimasak:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan membersihkan ikan mas yang sudah anda beli sebelum kita masak dan olah dengan bumbu lainnya.
  2. Untuk membersihkan ikan mas bisa diawali dengan membersihkan sisik ikan terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih dan mulut sendok untuk menyisiknya.
  3. Selesai dengan menyisik sisik ikan, sekarang lanjutkan dengan membuang insang ikan yang ada dikepala ikan, silahkan putuskan insang ikan dengan menggunakan tangan.
  4. Selanjutnya, bersihkan pula isi perut ikan dan keluarkan semua isiannya dengan menggunakan tangan lalu bersihkan dengan air yang mengalir.
  5. Selanjutnya, kita akan berikan sayatan memanjang dikedua bagian perut ikan. Hal ini difungsikan untuk membuat bumbu yang kita lumurkan pada tubuh ikan bisa meresap kedalamnya dengan sempurna.
  6. Setelah selesai dicuci, sekarang angkat ikan dari cucian dan tiriskan air cuciannya. Lalu lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis dan berikan taburan garam dibagian seluruh badan ikan secara merata. Lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membumbui dan Memasak Cobek Ikan Mas Bakar Khas Sunda:

  1. Pertama kita siapkan wajan diatas kompor yang menyala kemudian masukkan minyak kedalamnya sedikit saja, tunggu hingga minyak menjadi lebih panas secara merata.
  2. Setelah itu, tumis bumbu yang telah dihaluskan kedalam wajan yang berisi minyak hingga bumbu tumisan mengeluarkan bau aroma harum yang sedap dan nikmat.
  3. Setelah tercium aroma harum, sekarang masukkan santan dan larutan air asam jawa, aduk-aduk hingga santan mengental. Dan pastikan jika santan yang anda masak tidak pecah sewaktu dimasak. Untuk itu, pastikan jika anda terus mengaduk-aduknya saat santan dimasak.
  4. Setelah santan mengental, sekarang angkat dan siramkan bumbu santan ini diatas ikan mas yang sudah diberikan bumbu lumuran.
  5. Lalu lumuri kembali bumbu santan kedalam perut ikan dan keseluruh badan ikan secara merata.
  6. Setelah itu, silahkan panggang ikan hingga matang dan jangan lupa untuk membulak-balik ikan jika dibagian satu sisinya sudah matang.

Nah, kali ini sajian cobek ikan mas bakar khas Sunda kita sudah selesai. Sajikan hidangan nikmat ini ditengah keluarga anda dengan disantap dengan lalap dan nasi hangat yang elzat akan membuat rasanya semakin sempurna. Demikian resep dan cara membuat sajian cobek ikan bakar khas Sunda yang enak dan sedap.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons