Resep Masak Oseng Terung Ikan Asin Jambal Roti yang Enak, Sedap dan Juga Mudah

Lezatnya sajian oseng terung ikan asin jambal roti akan semakin sedap jika dihidangkan bersama dengan sepiring nasi hangat.

Ya, makanan pokok orang Indonesia ini selalu sedap dipadukan bersama dengan banyak lauk pauk yang begitu sedap. Ingin tahu seperti apa resep oseng terung ikan asin jambal roti? Yuk, simak resepnya berikut ini.

ikan jambal roti oseng terung

Nama Resep

Resep Masak Oseng Terung Ikan Asin Jambal Roti yang Enak, Sedap dan Juga Mudah

4.7 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Oseng Terung Ikan Asin Jambal Roti yang Enak, Sedap dan Juga Mudah

Bahan dan Bumbu Ikan Asin:

  • 100 gram ikan jambal asin
  • 2 buah terong ungu, dibelah 2 bagian, dipotong-potong
  • 4 butir bawang merah, dicincang halus
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 5 buah cabai hijau besar, dicincang kasar
  • 150 ml air
  • 2 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1 lembar daun salam
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 3 buah cabai hijau keriting, dicincang halus

Cara Membuat Oseng Terung Ikan Asin Jambal Roti yang Enak, Sedap dan Juga Mudah

Tips Membersihkan Ikan Asin Jambal Roti:

  1. Agar masakan ikan asin kali ini terasa lebih lezat, maka penting sekali bagi anda untuk memilih ikan jambal roti dengan kualitas yang baik. Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan ketika memilih ikan jambal roti dipasar adalah dengan memilih ikan jambal roti yang terlihat masih segar, berdaging tebal, dan tidak berbau menyengat. Selain itu, pastikan jika anda tidak terkecoh memilih ikan jambal roti yang mengandung pengawet yang berbahaya.
  2. Nah, sementara itu untuk membersihkan ikan jambal roti, bisa dilakukan dengan memotong terlebih dahulu ikan jambal roti dengan bentuk kotak sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.
  3. Baru setelah itu, cuci bersih ikan jambal roti dibawah air yang mengalir untuk membersihkan kotoran yang menempel pada ikan.
  4. Mencuci dengan air biasa saja tidak akan cukup menghilangkan kelebiha garam yang terkandung dalam daging ikan jambal. Untuk itu, kita akan gunakan air hangat untuk merendam ikan dan mendiamkannya selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Oseng Terung Ikan Asin Jambal Roti:

  1. Untuk yang pertama, setelah ikan jambal direndam dengan air hangat. Kita akan panaskan terlebih dahulu wajan dan berikan sedikit minyak.
  2. Lalu tumis bumbu seperti bawang merah bersama dengan bawang putih juga cabai merah besar, cabai hijau, duan salam dan juga serai hingga harum secara merata.
  3. Masukkan ikan jambal kedalamnya bersama dengan terung ungu, gula pasir dan juga garam. Aduk-aduk secara merata sampai semua bumbu tercampur. Masukkan air sedikit demi sedikir dan aduk-aduk serta masak dengan api sedang agar bumbu meresap kedalam ikan secara merata.

Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan dan masukkan sajian ini dalam piring saji untuk kemudian akan siap untuk dihidangkan. Demikian resep dan cara membaut sajian oseng terung jambal asin yang enak dan sedap.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar ada dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons