Resep Masak Membuat Ikan Jambal Daun Singkong Sayur yang Enak, Lezat dan Mudah

Sajian ikan jambal daun singkong sayur lezat dipadukan bersama dengan lauk pauk lain seperti tahu, tempe dan lain sebagainya.

Selain lezat, hidangan ini juga akan bisa anda buat dirumah dengan mudah dan sederhana. Yuk, simak resep membuat ikan jambal daun singkong sayur berikut ini.

ikan jambal roti sayur daun singkong

Nama Resep

Resep Masak Membuat Ikan Jambal Daun Singkong Sayur yang Enak, Lezat dan Mudah

4.6 198

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Jambal Daun Singkong Sayur yang Enak, Lezat dan Mudah

Bahan dan Bumbu Ikan:

  • 50 gram ikan jambal
  • 15 gram petai selong
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 ikat daun singkong, direbus, tiriskan, potong
  • 1 buah tomat merah, dipotong-potong
  • 4 siung bawang putih, diiris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2.000 ml air
  • 8 butir bawang merah, diiris tipis
  • 3 buah cabai merah, buang biji, iris tipis

Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

  • 3 1/2 sendok teh garam
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1/2 sendok teh terasi, dibakar

Cara Membuat Ikan Jambal Daun Singkong Sayur yang Enak, Lezat dan Mudah

Tips Untuk Memilih Ikan Jambal yang Berkualitas:

  1. Untuk yang pertama, kita ketahui dulu tips bagaimana memilih ikan jambal yang berkualitas. Hal ini dikarenakan kualitas ikan jambal yang digunakan akan menjadi salah satu faktor yang menentukan rasa dan kelezatan dari masakan yang kita buat kali ini. Untuk itu, pastikan jika anda memilih ikan jambal dengan kualitas yang baik. Pilihlah ikan jambal yang masih segar dan daging ikannya tebal dibandingkan dengan ikan jambal kecil yag dagingnya tipis. Hal ini tentunya akan semakin membuat rasa dari masakan kita akan semakin nikmat.
  2. Selain itu, sebaiknya jeli lah saat memilih ikan asin yang dijual di pasar. Jangan sampai anda memilih ikan jambal yang kualitas dagingnya pucat, aromanya menyengat atau bahkan terdapat jamur pada daging ikan dan warna daging ikannya kehijauan. Hal ini bisa mengindikasikan ikan sudah terlalu lama dan tidak lagi layak untuk dikonsumsi.
  3. Hindari pula memilih ikan jambal yang mengandung pengawet berbahaya untuk kesehatan. Untuk mengetahui hal ini anda bisa melihatnya dari kondisi ikan asin yang dihinggapi oleh lalat. Ikan asin yang mengandung pengawet umumnya lalat akan enggan menghinggapinya.
  4. Jika anda sudah mendapatkan ikan asin jambal, sekarang silahkan bersihkan ikan asin dengan air bersih untuk merontokan kotoran dan membersihkan kuman dari daging ikan.
  5. Setelah itu, potong-potong ikan jambal terlebih dahulu dengan menggunakan pisau. Potong ikan dengan bentuk kotak seukuran dengan yang anda inginkan.
  6. Terakhir agar rasa asin dari ikan tidak terlalu dominan, silahkan rendam ikan dengan air hangat dan diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ikan Jambal Roti Daun Singkong Sayur:

  1. Panaskan wjan diatas kompor, masukkan minyak dan goreng terlebih dahulu ikan jambal hingga matang secara merata. Angkat dan sisihkan.
  2. Kita didihkan air dalam panci dan masukkan bumbu halus kedalamnya bersama dengan bawang merah, bawang putih, lengkuas dan juga duan salam. Aduk-aduk dan biarkan hingga harum secara merata.
  3. Masukkan daun singkong yang sudah diperas dan direbus bersama dengan petai cina, tomat dan juga cabai merah besar. Lalu masak hingga matang secara merata.
  4. Menjelang diangkat baru masukkan ikan jambal yang sudah digoreng untuk kemudian direbus kembali hingga bumbu meresap.

Angkat sayur jika sudah matang dan hidangkan sajian ini untuk keluarga dirumah.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons