Resep Masak dan Cara Membuat Tumis Sayur Sawi Putih Tempe yang Sederhana

Tumis sawi putih adalah olahan sawi yang cukup populer dikalangan masyarakat, karena hidangan yang satu ini selalu dijadikan menu pilihan ketika hendak menyajikan menu untuk makan siang atau makan malam.

Teksturnya yang mudah dicerna, serta rasanya yang begitu menggoda terlebih lagi kandungannya bermanfaat untuk tubuh membuat hidangan yang satu ini selalu dipilih dibandingkan dengan hidangan yang lainnya.

Tumis sawi putih ini terkenal dengan hidangan sederhana. Namun tahukah anda ternyata tidak selamanya tumis sawi putih itu sederhana. Mengapa ? Ya karena tumis sawi putih ini pun bisa menjadi hidangan yang spesial. Dimana untuk membut hidangan ini menjadi lebih spesial yaitu denga mencampurkan atau mengkombinasikan bahan-bahan lainnya dengan tumis sawi putih itu sendiri. Sehingga perpaduan antara kedua bahan ini akan membuat hidangan semakin lebih istmewa dan spesial. Lantas bahan apa saja yang bisa dikombinasikan dengan sawi putih?

Banyak sekali bahan-bahan yang bia kita gunakan, dimana biasanya tumis sawi putih ini lebih terkenal dengan perpaduan tahu. Namun sebenarnya selain tahu masih banyak bahan-bahan yang bisa digunakan, dimana salah satunya yaitu tempe. Dengan adanya tempe yang melengkapi tumis ini maka citra rasa dari tumis ini pun akan lebih lengkap. Terlebih lagi jika anda menyantapnya bersama orang-orang yang anda cintai. Komposisi dari bumbu yang digunakannya pun akan semakin memanjakan lidah ketika menyantapnya.

Resep tumis sawi putih tempe ini sangat patut anda coba. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini sangat mudah untuk didapatkan, cara membuatnya pun sangatlah sederhana sekali sehingga tidak ada lagi alasan bagi anda untuk tidak mencoba membuat tumis sawi putuh tempe ini di rumah. Nah, di bawah ini akan kami sajikan resep dan cara membuat tumis sawi putih tempe khusus untuk anda.

resep tumis sawi putih tempe

Nama Resep

Resep Masak dan Cara Membuat Tumis Sayur Sawi Putih Tempe yang Sederhana

4.7 100

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan Untuk Membuat Tumis Sayur Sawi Putih Tempe yang Sederhana

Bahan Utama Tumis Sayur Sawi Putih Tempe

  • 200 gram sawi putih
  • 100 gram tempe
  • 150 ml kaldu ayam
  • 1 batang daun bawang
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Tumis Sayur Sawi Putih Tempe

  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas
  • 2 buah cabai merah
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Tumis Sayur Sawi Putih Tempe yang Sederhana

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Tumis Sayur Sawi Putih Tempe

  1. Pertama-tama cuci bersih sawi putih. Lalu potong dengan ukuran sesuai selera.
  2. Potong tempe dengan bentuk memanjang. Goreng berkulit.
  3. Buang biji cabai, lalu iris dengan arah menyerong.
  4. Memarkan lengkuas, lalu potong daun bawang dengan ukuran 1 cm.
  5. Iris tipis bawang merah dan bawang putih yang telah disiapkan.

Cara Membuat Tumis Sayur Sawi Putih Tempe

  1. Langkah pertama yaitu, panaskan minyak. Lalu tumis bawang putih, bawang merah, daun salam dan lengkuas sampai tercium harum.
  2. Setelah itu, masukan cabai merah. Aduk sampai merata.
  3. Kemudian, tambahkan sawi putih, merica bubuk, garam dan gula pasir. Aduk kembali sampai merata.
  4. Selanjutnya, tuangkan kaldu ayam. Aduk dan masak hingga mendidih. Lalu masukan tempe dan daun bawang. Masak hingga semua bahan matang sempurna.
  5. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

Itulah resep dan cara membuat tumis sayur sawi putih tempe yang sederhana. Tumis sawi ini akan lebih nikmat jikan disantap dalam keadaan hangat dengan nasi hangat pula. Atau jika ingin tumis ini menjadi lebih spesial lagi anda bisa menambahkan bahan pelengkap lainnya seperti kacang panjang dan sebagainya. Semoga resep ini bisa menjadi referensi bagi anda ketika hendak menyajikan menu makan untuk makan siang ataupun makan malam. Selamat mencoba, bagikan resep ini kepada orang-orang disekitar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons