Resep Masak dan Cara Membuat Tumis Ikan Asin Jambal Roti Cabai Hijau yang Asli Enak, Lezat dan Mudah

Lezat dan enaknya sajian tumis ikan asin jambal roti cabai hijau seolah tak ada tandingannya ketika sajian ini dihidangkan bersama dengan sepiring nasi hangat.

Ya, perpaduan dua sajian ini seolah bak sebuah pasangan yang serasi. Nah, bagi anda yang ingin menyajikan hidangan tumis ikan asin jambal roti cabai hijau, mari kita simak resepnya berikut ini.

ikan jambal roti tumis cabai hijau

Nama Resep

Resep Masak dan Cara Membuat Tumis Ikan Asin Jambal Roti Cabai Hijau yang Asli Enak, Lezat dan Mudah

4.6 187

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Ikan Asin Jambal Roti Cabai Hijau yang Asli Enak, Lezat dan Mudah

Bahan Ikan Jambal Roti:

  • 250 gram ikan asin jambal roti
  • 400 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan dan Bumbu Tumisan:

  • 4 biji cabai merah
  • 6 siung bawang merah, iris
  • 1 buah tomat hijau, potong
  • 5 biji cabai hijau
  • 4 siung bawang putih, iris
  • 1 ruas ibu jari lengkuas
  • 1/2 butir gula jawa, iris
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, geprek
  • 3 mata asam jawa, larutkan dengan 2 sdm air

Cara Membuat Tumis Ikan Asin Jambal Roti Cabai Hijau yang Asli Enak, Lezat dan Mudah

Tips Bagaimana Memilih dan Membersihkan Ikan Jambal:

  1. Kali ini kita akan berikan tips bagaimana memilh ikan asin jambal roti yang baik dan benar. Pertama, penting sekali memilih ikan jambal roti yang berkualitas baik dengan daging ikan yang tebal. Selain itu, hindari memilih ikan jambal yang berbau dan berwarna pucat, sebab jenis ikan ini bisa jadi berkualitas buruk. Dan hal yang terpenting yang harus diperhatikan adalah pilihlah ikan jambal yang tidak mengandung pengawet berbahaya seperti formalin. Sementara itu, untuk membedakan ikan asin yang mengandung formalin atau tidak bisa dilihat dari kondisi si ikan itu sendiri. Ikan asin yang masih segar, umumnya akan lebih cenderung dihinggapi lalat dibanding ikan asin yang mengandung formalin. Untuk itu, pastikan jika anda memilih ikan asin dengan kualitas terbaik.
  2. Sementara itu, untuk membersihkan ikan asin jambal roti, silahkan ambil ikan ke tempat cucian dan bersihkan ikan dari kotoran yang menempel baik pada daging atau pada bagian tertentu ditubuh ikan.
  3. Setelah itu, potong-potong ikan asin dengan bentuk dan ukuran yang ada inginkan. Anda bisa menggunakan pisau untuk memotong ikan asin jambal.
  4. Kemudian, panaskan sedikit air dalam panci dan letakan diatas kompor, tunggu hingga ikan panas merata. Setelah itu, gunakan air ini untuk merendam ikan asin agar kelebihan garam pada ikan bisa dihilangkan agar nantinya masakan yang kita buat tidak didominasi dengan rasa asin saja. Diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Tumis Ikan Asin Jambal Roti Cabai Hijau:

  1. Goreng terlebih dahulu ikan asin jambal roti hingga matang secara merata. Angkat setelah matang dan sisihkan sementara.
  2. Panaskan kembali wajan dan berikan sediki minyak. Lalu tumis bawang merah, bawang putih bersama dengan bahan tumisa terkecuali, air, asam jawa dan bumbu garam bersama gula. Aduk-aduk hingga harum dan layu.
  3. Setelah itu, baru tuangkan sisa bumbu yang belum dimasukkan. Aduk-aduk semua bumbu hingga tercampur merata. Cicipi juga bumbu hingga pas secara merata.
  4. Baru setelah itu, masukkan ikan asin jambal roti yang sudah digoreng, tuangkan sedikit air dan aduk-aduk sampai bumbu meresap dan mengental.

Setelah itu, angkat sajian ini dan hidangkan dalam mangkuk. Kini sajian tumis ikan asin jambal roti cabai hijau telah siap untuk dihidangkan dan dinikmati bersama dengan keluarga tercinta.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Bella

Bella

Author at Selerasa
Istri yang hobi makan dan anak dari ibu yang jago masak sampe punya usaha katering kecil-kecilan dengan segala keterbatasannya akhirnya mulai bisa masak dan seneng eksperimen di dapur. Currently penulis, yang pada akhirnya jadi penulis resep adalah profesi yang dianggap paling tepat.
Bella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *