Resep Masak dan Cara Membuat Sayur Bening Oyong Tempe yang Sedap dan Nikmat

Jika anda bosan dengan sayur bening oyong yang itu-itu saja, maka anda bisa membuat sayur oyong yang berbeda dari biasanya.

Anda bisa membuat sayur oyong yang berbeda seperti misalkan menambahkan bahan pelengkap ke dalamnya agar sayur pun menjadi lebih sedap. Ada banyak bahan pelengkap yang bisa ditambahkan. Namun sayur bening oyong kali ini akan menggunakan bahan pelengkap yang berbeda dari biasanya, dimana bahan pelengkap yang dimaksud yaitu tempe.

Tempe yang biasanya dijadikan gorengan kali ini akan melengkapi sayur. Nah, anda bisa membuat sayur bening oyong tempe ini untuk menemani makan siang atau makan malam bersama keluarga tercinta di rumah.

Cara membuat sayur oyong bening tempe ini cukup mudah dan praktis, meskipun belum pernah membuatnya sama sekali tetapi anda tidak akan merasa kesulitan. Lantas apa saja resep dan seperti apa cara membuatnya? Jika anda merasa penasaran, maka anda bisa langsung saja menyimak resep dan cara membuat sayur oyong bening tempe di bawah ini.

Resep sayur oyong tempe

Nama Resep

Resep Masak dan Cara Membuat Sayur Bening Oyong Tempe yang Sedap dan Nikmat

4.8 209

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

7 Orang

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Sayur Bening Oyong Tempe

Bahan Utama Sayur Bening Oyong Tempe

  • 300 gram oyong
  • 100 gram tempe
  • 200 gram labu siam
  • 1 buah jagung manis
  • 2.000 ml air

Bumbu Sayur Bening Oyong Tempe

  • 2 sendok makan garam
  • 2 lembar daun salam
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Sayur Bening Oyong Tempe yang Sedap dan Nikmat

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Sayur Bening Oyong Tempe

  1. Langkah pertama yaitu, kupas oyong yang telah anda siapkan. Lalu potong-potong dengan ketebalan sekitar 2 cm.
  2. Setelah itu, kupas labu siam yang telah anda siapkan. Cuci sampai bersih untuk menghilangkan getahnya. Lalu potong kotak labu siam.
  3. Selanjutnya, potong kotak tempe.
  4. Lalu potong bulat jagung yang telah anda siapkan dengan ketebalan sesuai dengan yang anda inginkan.
  5. Iris tipis bawang merah.

Cara Membuat Sayur Bening Oyong Tempe

  1. Langkah pertama dalam tahap memasak yaitu, siapkan panci atau alat untuk memasak lainnya. Lalu masukan air dengan takaran seperti yang telah ditentukan.
  2. Rebus air tersebut. Lalu masukan bawang merah, daun salam, dan jagung manis. Rebus air sampai mendidih dan bahan menjadi empuk serta tercium aroma harum.
  3. Selanjutnya masukan oyong, tempe, labu siam. Aduk merata dan masak sampai setengah layu.
  4. Tambahkan bumbu seperti garam dan gula pasir. Aduk merata sampai bumbu larut dan tercampur.
  5. Masak kembali sampai semua bahan matang dan bumbu meresap. Jika telah matang anda bisa langsung mengangkat dan menyajikannya pada wadah atau mangkuk saji yang telah anda siapkan.

Sayur bening oyong tempe telah selesai dibuat. Santap sayur yang satu ini dalam keadaan panas agar terasa lebih nikmat. Anda juga bisa menyantapnya dengan bahan pelengkap seperti ikan tongkol, kerupuk, sambal dan lain sebagainya sesuai dengan yang anda inginkan.

Itulah resep dan cara membuat sayur bening oyong tempe. Mudah dan praktis bukan? Selamat mencoba membuat di rumah dan selamat menikmati. Yuk bagikan resep ini kepada teman dan orang-orang yang ada di sekitar anda dengan cara menekan tombol share. Tambahkan pula komentar anda pada kolom di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons