Resep Masak dan Cara Membuat Ikan Bandeng Bakar Bumbu Kecap yang Original, Enak dan Lezat

Hidangan ikan bandeng bakar bumbu kecap adalah sajian yang nikmat.

Nah, jika biasanya ibu seringkali membeli sajian ini di restoran, kali ini kita akan simak resep mudahnya. Seperti apa sih resep membuat ikan bandeng bakar bumbu kecap yang original? Yuk, kita simak resep berikut ini.

ikan bandeng bakar kecap original

Nama Resep

Resep Masak dan Cara Membuat Ikan Bandeng Bakar Bumbu Kecap yang Original, Enak dan Lezat

4.6 167

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Bandeng Bakar Bumbu Kecap yang Original, Enak dan Lezat

Bahan Utama Ikan Bandeng:

  • 3 ekor ikan bandeng
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1/2 sdt garam dapur
  • Secukupnya merica bubuk

Bahan dan Bumbu Ikan Bandeng:

  • 200 cc kecap manis
  • 5 sdm mentega
  • 10 bawang merah, iris tipis
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam (secukupnya)

Bahan Pelengkap Membuat Ikan:

  • sambal tomat
  • 2 buah jeruk limau, belah
  • arang secukupnya

Cara Membuat Ikan Bandeng Bakar Bumbu Kecap yang Original, Enak dan Lezat

Cara Membersihkan Ikan Bandeng Segar:

  1. Kita bersihkan ikan bandeng segar terlebih dahulu sebelum kita masak dan bumbui menjadi hidangan yang enak dan lezat. Untuk membersihkan ikan bandeng, kita akan bersihkan bagian sisik ikan terlebih dahulu sebelum kita bersihkan bagian lainnya. Untuk membersihkan bagian sisik ikan, anda disarankan menggunakan pisau atau sendok untuk mempermudah anda mengerik sisik ikan. Setelah itu, silahkan kerik sisik ikan hingga bersih dan rata. Sementara untuk memastikan jika sisik iakn dihilangkan dari tubuh ikan, maka silahkan bilas kembali ikan dengan air bersih.
  2. Selanjutnya, bersihkan bagian jeroan yang ada diperut ikan. Untuk melakukannya anda bisa membelah bagian perut ikan dengan menggunakan pisau. Apabila bagian perut telah terbuka, silahkan jangkau bagian jeroan ikan dengan menggunakan tangan secara merata. Setelah bagian ini dikeluarkan, bersihkan dan bilas kembali ikan dengan air bersih yang mengalir.
  3. Kemudian, bersihkan bagian insang kepala ikan. Untuk melakukannya, buka bagian kepala ikan dan bersihkan lapisan insang dengan menggunakan tangan hingga bersih.
  4. Jika semua bagian ikan bandeng sudah dibersihkan secara merata, sekarat sayat-sayat atau kerat bagian perut ikan. Hal ini difungsikan agar bumbu yang dibuat dan diracik bersama dengan ikan bisa meresap kedalam daging ikan secara merata.
  5. Terakhir, lumuri ikan bandeng yang sudha dikerat dengan air jeruk nipis, sedikit taburan garam dan diberikan taburan merica pual. Hal ini untuk menambah bumbu dan meredam bau amis yang menempel pada ikan. Setelah itu, diamkan ikan terlebih dahulu sebelum kita masak bumbunya.

Cara Membuat Ikan Bandeng Bakar:

  1. Pertama, cairkan mentega dalam wjan, lalu masukkan bawang merah kedalam wajan yang sudah diberikan mentega dan tumis bawang sejenak hingga tercium bau harum.
  2. Setelah itu, masukkan iakn bandeng kedalamnya dan seasoning kembali dengan garam dan merica bubuk.
  3. Setelah itu, tuangkan kecap manis kedalamnya dan masak hingga tumisan ikan bandeng mengeluarkan minyak dan matang.
  4. Setelah ikan bandeng matang dari tumisan, silahkan angkat ikan bandeng dan siapkan bara api atau panggangan.
  5. Lalu bakar ikan bandeng diatas bara api sebentar saja hingga tercium bau harum yang lezat dan enak. Sambil dibakar jangan lupa untuk diberikan bumbu olesan dari bumbu kecap manis tumisan ikan.

Jika ikan sudah matang, silahkan angkat ikan dan sajikan ikan dalam piring saji. Lalu santap hidangan ini dengan bahan pelengkap yang sebelumnya telah dipersiapkan. Sajian ini juga akan lezat jika disantap selagi masih hangat.

Jangan lupa klik tombol share berikut agar ibu bisa berbagi resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons