Resep Masak dan Cara Membuat Balado Terong Pedas Asli Padang yang Khas, Enak dan Lezat

Indonesia sangat kaya akan kuliner atau makanan khasnya, dimana kuliner khas Indonesia sendiri tidak bisa terlepas dari rasa pedas yang melengkapinya.

Faktanya lidah orang Indonesia sudah terbiasa dengan rasa pedas, hal tersebut disebabkan karena hampir semua kuliner atau masakan dari berbagai penjuru Indonesia memiliki cita rasa pedas, dimana salah satunya yaitu balado terong.

Balado terong merupkan masakan khas Padang yang digemari oleh masyarakat dari berbagai macam daerah, hal tersebut disebabkan karena selain cita asanya yang pedas balado terong khas Padang juga sangat khas, enak dan lezat.

Balado terong ini patut anda buat di rumah sebagai menu makan. Di bawah ini kami sajikan resep dan cara membuat balado terong pedas asli pada untuk anda semua. Yuk simak!

Resep balado terong

Nama Resep

Resep Masak dan Cara Membuat Balado Terong Pedas Asli Padang yang Khas, Enak dan Lezat

4.9 256

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Orang

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Balado Terong Pedas Asli Padang yang Khas, Enak dan Lezat

Bahan Utama Balado Terong pedas Asli Padang

  • 4 buah terong ungu
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Balado Terong Pedas Asli Padang

  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah tomat merah
  • 10 buat cabai merah besar
  • 4 siung bawang merah
  • 10 buah cabai keriting
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Balado Terong Pedas Asli Padang yang Khas, Enak dan Lezat

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Balado Terong Pedas Asli Padang

  1. Pertama, haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan cabai keriting. Agar lebih mudah dan praktis, anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender.
  2. Jika sudah, cuci atau bersihkan terlebih dahulu terong ungu yang telah anda siapkan.  Potong panjang terong menjadi 4 bagin.
  3. Setelah itu, potong-potong dengan ukuran sesuai yang anda inginkan.

Cara Membuat Balado Terong Pedas Asli Padang

  1. Siapkan alat untuk memasak seperti wajan atau alat lainnya di atas kompor menyala. Masukan atau tambahkan minyak goreng secukupnya. Tunggu sampai minyak goreng panas.
  2. Jika minyak goreng telah panas, masukan semua bumbu yang telah dihaluskan tadi. Aduk-aduk bumbu tersebut sampai merata dan tumis sampai mengeluarkan aroma harum serta matang.
  3. Setelah itu, masukan terong yang telah dipotong-potong. Aduk-aduk sampai terong layu.
  4. Tambahkan bumbu seerti garam dan gula pasir. Aduk merata sampai bumbu larut. Masak kembali sampai terong matang dan bumbu meresap.
  5. Jika sudah seperti itu, anda bisa langsung mengangkat dan menyajikan terong pada tempat atau piing saji yan telah disiapkan.

Balado terong asli padang telah selesai dibuat, anda bisa langsung menyajikan dan menyantapnya.

Tips yang harus anda ketahui ketika memasak atau membuat olahan terong balado ini yaitu anda diharuskan menyiapkan bumbu halus terlebih dahulu sebelum memotong terongnya. Mengapa demikian? Hal tersebut disebabka karena ketika terong telah dipotong maka warna dagingnya akan cepat berubah, itu dikarenakan oleh udara bebas. Tidak hanya itu, akan lebih baik apabila anda membakar terlebih dahulu terong sebelum diolah, hal ini bertujuan untuk mengeluarkan rasa terong yang khas. Tidak hanya itu, anda juga bisa menambahkan bahan pelengkap seperti teri atau yang lainnya agar cita rasa dari balado terong lebih gurih.

Di bawah ini video gambaran resep dan cara membuat balado terong pedas khas padang.

Itulah resep dan cara membuat balado terong asli padang. Mudah bukan? Selamat membuat di rumah. Yuk sebarkan resep ini kepada teman-teman anda dengan cara menekan tombol share. Anda juga bisa menyertakan komentar pada kolom di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons