Resep & Cara Membuat Martabak Serabi Solo yang Enak dan Lembut

Resep Cara Membuat Martabak Serabi Solo yang Enak dan Lembut

Sajikan lezat dan nikmatnya hidangan martabak serabi Solo yang enak di rumah anda. Hidangan istimewa ini kami bagikan bersama resepnya agar bisa ditiru dengan mudah di rumah. Penasaran seperti apa? Simak langsung informasinya dibawah ini. 

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword martabak serabi, resep martaka serabi solo
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 30 menit
Porsi 12 Buah
Kalori 149 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 350 ml santan
  • secukupnya Garam
  • 1 lembar daun pandan

Bahan Kering:

  • 100 gr tepung beras
  • 1/4 sdm baking soda
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdm fermipan

Bahan Topping:

  • Secukupnya Keju
  • Secukupnya Susu kental manis

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Martabak Serabi Solo yang Enak dan Lembut:

  1. Awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep. Langkah ini menjadi cara yang penting yang akan memudahkan anda untuk membuat hidangan kali ini. Ada beberapa bahan yang ada pada resep yang perlu kita persiapkan dengan merata. Maka dari itu, mari simak beberapa langkah persiapan dibawah ini hanya untuk anda.

  2. Bahan pertama yang akan kita persiapan terlebih dahulu adalah dengan menyiapkan cetakan serabi atau bila anda kesulitan mendapatkan cetakan seperti ini, maka anda cukup menggunakan cetakan martabak dengan ukuran yang kecil atau mini.

  3. Dengan menggunakan alat cetakan yang satu ini maka replika dari martabak serabi masih bisa kita buat. Maka dari itu, silahkan cuci dan bersihkan terlebih dahulu peralatan yang satu ini dengan merata guna memudahkan anda membuat hidangan kali ini.

  4. Langkah selanjutnya, pastikan bila anda sudah mempersiapkan semua bahan yang ada pada resep dengan merata. Dengan begini maka akan lebih mudah untuk anda membuat hidangan kali ini. Setelah itu, baru anda akan dapat menyimak beberapa langkah pembuatan dari sajian martabak serabi kali ini. 

Cara Membuat Martabak Serabi Solo yang Enak dan Lembut:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara siapkan sebuah panci. Kemudian masukkan santan kedalamnya dan rebus sajian ini sampai matang dan mendidih. Jangan lupa sambil diaduk-aduk dengan menggunakan api yang kecil agar santan tidak pecah ketika anda memasak sajian yang satu ini. 

  2. Setelah mendidih silahkan masukkan garam kedalam santan dan aduk-aduk kembali sajian ini hingga santan dan garam menjadi lebih larut dan bahan ini tercampur kedalamnya dengan merata.

  3. Matikan api jika dirasa santan sudah matang dan mendidih. Baru kemudian anda akan dapat menyisihkan sajian ini dan biarkan agar santan menjadi lebih hangat pada suhu ruangan. Setelah itu, anda akan mendapati santan menjadi lebih kental dibagian atasnya. Nah, silahkan ambil bagian ini sebanyak 50 ml. 

  4. Siapkan sebuah baskom dan campurkan semua bahan kering kedalamnya dengan merata. Lalu aduk-aduk semua sajian ini sampai tercampur dan teraduk dengan merata. Masukkan sebanyak 30 ml santan kental kedalamnya dan lakukan dengan perlahan sedikit demi sedikit dengan merata.

  5. Aduk rata semua bahan ini sampai tidak ada bahan yang masih menggumpal. Lalu diamkan pada suhu ruangan selama kurang lebih 1 jam. Siapkan cetakan dan olesi dengan menggunakan margarin secara merata. 

  6. Tuangkan adonan diatasnya dan ratakan bagian pinggirnya. Masak dengan menggunakan api yang kecil hingga matang dan merata. Tutup setelah bagian tengahnya berlubang. 

Catatan Resep

Bila sudah matang, angkat sajian ini dan berikan olesan margarin kemudian taburi dengan keju dan kucuri dengan susu kental manis.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons