Resep & Cara Membuat Martabak Manis Tipis Kering yang Lezat dan Nikmat

Resep Cara Membuat Martabak Manis Tipis Kering yang Lezat dan Nikmat

Buat sendiri hidangan martabak manis tipis kering yang lezat. Sensasi garing dan renyah dari sajian kali ini akan tentu membuat anda ketagihan, nah daripada membelinya diluar rumah tidak ada salahnya buat sendiri hidangan ini. 

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword martabak manis tipis, resep martabak
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Istirahatkan 1 jam
Total Waktu 20 menit
Porsi 10 Buah
Kalori 281 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur
  • 50 gram gula pasir
  • 325 ml air
  • 1/8 sendok teh vanili bubuk

Bahan Taburan:

  • 50 gram gula pasir kasar
  • 2 sendok teh kayumanis bubuk

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Martabak Manis Tipis Kering yang Lezat dan Nikmat:

  1. Persiapan menjadi langkah penting yang perlu anda lakukan untuk membuat sajian kali ini. Hal ini dikarenakan langkah persiapan akan memandu anda tentang bagaimana mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep dengan mudah dan sederhana. Maka dari itu, mari simak beberapa langkah persiapan dibawah ini.

  2. Bahan pertama yang akan kita persiapkan kali ini adalah dengan mengocok dengan lepas telur sebagai campuran dari sajian kali ini. Caranya, pecahkan telur diatas wadah dan kocok dengan merata semua sajian ini sampai tercampur dan merata. Setelah selesai kemudian sisihkan sementara sajian ini. 

  3. Langkah berikutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa semua bahan yang tercantum pada resep sudah anda persiapkan dengan merata. Sehingga nantinya akan lebih mudah untuk kita mencampur dan membuat sajian yang satu ini ketika bahan-bahan sudah siap.

  4. Siapkan pula cetakan martabak mini dengan bentuk beberapa bulatan. Cetakan ini akan memudahkan kita untuk membuat martabak kering tipis pada sajian kali ini.

  5. Nah, setelah semua persiapan dilakukan dengan merata maka langkah selanjutnya anda akan dapat membuat sajian martabak kering tipis kali ini.

Cara Membuat Martabak Manis Tipis Kering yang Lezat dan Nikmat:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Silahkan siapkan sebuah wadah dan ayak tepung terigu bersama dengan baking powder dengan merata. Cara ini dilakukan agar kedua bahan ini tercampur dengan merata dan tidak ada partikel kasar yang terkandung pada dua bahan ini. 

  2. Bila sudah selesai kemudian aduk dengan merata dan tuangkan kocokan telur kedalamnya bersama dengan vanili dan tuangkan pula garam kedalamnya. Aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai tercampur dan menggumpal. 

  3. Lalu setelah itu, masukkan air sedikit demi sedikit kedalamnya sambil terus diaduk merata dengan kecepatan tinggi pada mixer hingga adonan berubah menjadi lebih lembut dengan merata. 

  4.  Bila sudah selesai kemudian diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam dengan merata. Cara ini dilakukan agar adonan menjadi lebih mengembang dan merata bersama dengan bahan pengembang yang anda masukkan kedalam sajian ini. 

  5. Siapkan cetakan martabak diatas wajan dan gunakan api yang kecil. Lalu olesi dengan margarin dengan merata. Kemudian tuangkan adonan kedalamnya sebanyak 125 gram lalu ratakan dengan sendok kocokan secara merata.

  6. Kerok bagian yang menggumpal dan taburi sajian ini dengan menggunakan gula pasir dan berikan bubuk kayumanis secukupnya saja. Lalu lipat menjadi dua bagian dan masak sampai kering dan merata. 

Catatan Resep

Nah, setelah matang kemudian sajian ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat dan sedap. Dijadikan sebagai cemilan akan tentu menjadikan sajian ini nikmat untuk disantap bersama-sama.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons