Resep & Cara Membuat Martabak Manis Teflon Anti Gagal

Resep Cara Membuat Martabak Manis Teflon Anti Gagal
4 from 1 vote
Print

Resep Cara Membuat Martabak Manis Teflon Anti Gagal

Ingin menyantap martabak tapi malas ke luar rumah? Mengapa tidak buat sendiri sajian ini di rumah. Resep sajian martabak manis teflon kali ini adalah sajian yang akan dapat anda buat di rumah dengan mudah. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword martabak manis, martabak teflon
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 12 menit
Diamkan 1 jam
Total Waktu 22 menit
Porsi 1 Teflon
Kalori 149.5 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 1 butir Telur
  • 4 sdm Gula pasir (sesuai selera)
  • 250 ml Air mineral
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Soda kue
  • 1 bgks Vanili
  • 1/2 sdt Ragi (fermipan)
  • 200 gr Tepung terigu (segitiga biru)

Bahan Topping Martabak:

  • Secukupnya margarin
  • Secukupnya meses
  • 1 sct Keju craft kecil

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Martabak Manis Teflon Anti Gagal:

  1. Langkah pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan karena tidak semua bahan pada resep bisa langsung dimasak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. Beberapa diantaranya perlu kita persiapkan terlebih dahulu. Maka dari itu, mari simak beberapa langkah persiapan dibawah ini.

  2. Bahan pertama yang perlu untuk dipersiapkan kali ini adalah telurnya. Sebelum sajian ini dimasak dan dicampurkan dengan bahan lainnya silahkan kocok terlebih dahulu dengan lepas sampai berbusa dan merata. Sisihkan dalam sebuah wadah sebab nantinya bahan ini akan kita campurkan.

  3. Setelah selesai dengan cara diatas, silahkan larutkan fermifan atau ragi dengan menggunakan air hangat dalam sebuah wadah. Kocok dengan merata semua sajian ini dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan ragi bersama dengan adonan lainnya secara merata.

  4. Nah, setelah selesai dengan persiapan diatas maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan membuat adonan untuk sajian martabak kali ini. Dibawah ini adalah beberapa cara mengolah sajian tersebut. 

Cara Membuat Martabak Manis Teflon Anti Gagal:

  1. Untuk membuat sajian martabak kali ini, silahkan lakukan dengan menyiapkan sebuah wadah terlebih dahulu. Kemudian masukkan kedalamnya gula bersama dengan garam, vanili dan juga soda kue. Tuangkan pula telur kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata menggunakan wire whisk. 

  2. Kocok dengan merata sampai diaduk dengan cukup kuat. Cara ini selain dilakukan agar semua bahan tercampur dengan merata. Pun juga agar adonan menjadi lebih mengembang dengan merata.

  3. Baru setelah itu, masukkan air bersama dengan tepung terigu kedalamnya. Aduk kembali dengan merata sampai semua adonan tercampur dan tidak ada tepung yang masih menggumpal. Baru kemudian masukkan fermifan kedalamnya dan aduk kembali dengan merata semua bahan ini.

  4. Diamkan adonan dan tutupi bagian atasnya dengan menggunakan kain. Diamkan selama kurang lebih 30 sampai dengan 40 menit secara merata. Cara ini dilakukan agar adonan mengembang dengan merata sehingga ketika dimasak adonan menjadi lebih merekah. 

  5. Panaskan teflon diatas kompor dan nyalakan api yang kecil. Baru olesi bagian atasnya dengan menggunakan margarin dengan merata agar teflon tidak lengket dan adonan menjadi lebih renyah dibagian pinggir dan bawahnya.

  6. Tuangkan adonan kedalam teflon dan ratakan bagian pinggirnya hingga tipis dengan merata. Masak dan biarkan sampai bagian permukaan martabak terlihat berlubang. Baru kemudian berikan taburan gula dan biarkan sebentar. 

Catatan Resep

Angkat sajian ini setelah matang, lalu olesi dengan margarin dan berikan topping yang sudah anda siapkan sebelumnya. Berikan taburan meses dan parut keju diatasnya kemudian ratakan dengan sempurna sehingga anda mendapati keju menyebar dengan merata.

Loading...

One Response

  1. Airtech 7 Desember 2019

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons